Lagi, Uptown Funk dari Bruno Mars dan Mark Ronson Dituding Plagiat

Sumarni, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 15 205 1776926 lagi-uptown-funk-dari-bruno-mars-dan-mark-ronson-dituding-plagiat-E1wWDQXI2u.jpg Bruno Mars (Foto: Ist)

LOS ANGELES - Sudah tiga tahun dirilis, lagu duet Bruno Mars dan Mark Ronson diterpu isu plagiat. Kali ini, lagu Uptown Funk dilaporkan terkait tuduhan pelanggaran hak cipta. Ronson dituntut atas masalah ini.

Ia diklaim telah menjiplak lagu klasik berjudul, More Bounce To The Ounce milik Zapp dan Roger. Dikutip Dailymail, Uptown Funk karya Ronson telah dilaporkan oleh Lastrada Entertainment yang berhak atas lagu More Bounce To The Ounce yang dirilis pada 1980.

(Baca Juga: Jelang Rilis Album Terbaru, NOAH Siap Gelar Konser 'Road to New Album')

(Baca Juga: Tak Hanya Doa, Umi Pipik Berikan Pesan Penuh Makna untuk Laudya Cynthia Bella)

Dalam tuntutan yang beredar, ada 48 detik nada milik lagu Bruno Mars itu dianggap mirip seperti single Zapp dan Roger. Terkait masalah ini Lastrada Entertainment juga telah melaporkan sejumlah media streaming termasuk Sony, Sportify hingga Apple.

Mereka menuntut agar penjualan Uptown Funk diberhentikan dengan kabar plagiat ini. Lagu tersebut memang masih menjadi salah satu idola yang kerap didengarkan di media-media musik streaming.

Kendati demikian, Bruno Mars tidak termasuk dalam daftar orang yang dituntut oleh Lastrada Entertainment. Sehingga pelantun That's What I Like ini tidak perlu bersusah payah bergelut dengan masalah hukum.

(Baca Juga: Belum Diberi Momongan, Shandy Aulia: Kami Sudah Cek Everything Okay)

Semenjak diluncurkan, Uptown Funk memang langsung meraih popularitas yang luar biasa. Lagu beraliran funk, boogie dan disco ini sempat merajai puncak tangga lagu Billboard. Selama 14 pekan, Uptown Funk berada di posisi atas Billboard Hot 100.

Tak hanya sampai di sini, single tersebut juga pernah menyambet Record of the Year di ajang musik bergengsi dunia, Grammy Awards pada 2016 silam. Atas kesuksesaan inilah membawa nama Bruno Mars dan Mark Ronson semakin melambung di industri tarik suara Hollywood.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini