Share

Sengketa Nama Bumblebee, Warner Bros dan DC Comics Digugat Perusahaan Mainan

Ady Prawira Riandi, Okezone · Rabu 30 Agustus 2017 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 30 206 1766034 sengketa-nama-bumblebee-warner-bros-dan-dc-comics-digugat-perusahaan-mainan-GuCXeuSZXe.jpg Bumblebee (Foto: Ist)

LOS ANGELES – Perusahaan mainan asal Amerika Serikat, Hasbro, melayangkan gugatan kepada Warner Bros dan DC Comics terkait pelanggaran merk dagang. Permasalahan datang ketika DC memiliki seorang superhero yang memiliki nama sama dengan salah satu merk dagang milik Hasbro.

(Baca Juga: John Cena Pastikan Satu Tempat di Spin-Off Bumblebee)

(Baca Juga: Mark Wahlberg Pimpin Daftar Aktor dengan Bayaran Tertinggi di 2017)

Hasbro merasa keberatan karena DC menggunakan nama Bumblebee, nama autobot kuning mereka selama ini. Dalam cerita DC, Bumblebee merupakan seorang gadis remaja yang memiliki kemampuan bisa menyusut.

Bumblebee merupakan salah satu karakter utama dalam dunia Transformers. Hasbro mengatakan bahwa mereka sudah menjual mainan Bumblebee sejak tahun 1983. Sebagai bukti yang lebih kuat, Hasbro mengambil sebuah artikel yang menuliskan bahwa Bumblebee adalah karakter keempat yang paling banyak diminati di dunia Transfomers mereka.

Sementara itu DC Comics dan Warner Bros mengumumkan kemunculan franchise DC Super Hero Girls mereka pada bulan April 2015. Serial ini menampilkan superhero DC versi muda, termasuk Batgirl dan Harley Quinn. Karakter Bumblebee milik DC akhirnya keluar dalam serial ini. Ia dikisahkan sebagai seorang penggila teknologi yang memiliki kekuatan super dan mampu menyusut. Karakter asli pertama Bumblebee diperkenalkan oleh DC pertama kali pada tahun 1977 melalui buku komik Teen Titans.

(Baca Juga: Nih, Kemampuan Baru Bumblebee di Transformers: The Last Knight)

(Baca Juga: Wow! Transformers Siap Sajikan 14 Film Lagi)

Hasbro pun mematenkan merk dagang Bumblebee mereka pada tanggal 15 Juli 2015. Merk dagang tersebut akhirnya terdaftar pada tanggal 22 Desember 2015.

“Penggunaan merk tidak benar yang dilakukan oleh Tergugat dan atau pemegang lisensi mereka kemungkinan bisa menimbulkan kebingungan, kesalahan, dan atau penipuan di kalangan masyarakat mengenai sumber Barang Tergugat,” bunyi gugatan yang dilayangkan oleh Hasbro, mengutip dari Variety, Rabu (30/8/2017).

Warner Bros sendiri sampai saat ini belum memberikan tanggapan mengenai permasalahan ini.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini