nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Suka Menangis, Zhe Zhe Shahab dan Suami Kelola Emosi Anak

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 15:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 29 33 1765385 anak-suka-menangis-zhe-zhe-shahab-dan-suami-kelola-emosi-anak-EjNMEy5dcU.jpg Zee Zee Shahab (Foto: Instagram)

JAKARTA - Aktris sekaligus presenter Zhe Zhe Shahab mengaku memiliki cara untuk mengelola emosi sang anak. Bahkan, cara tersebut sudah mulai diterapkan olehnya dan sang suami sejak sang anak masih berusia dini.

Dalam mengelola emosi anak, keduanya mengaku telah memulainya dari hal-hal kecil seperti mencoba untuk menahan tangisan sang putra.

- Baca Juga: Zee Zee Shahab Ingatkan Warisan Budaya lewat Tesis

- Baca Juga: Zee Zee Shahab Miris Lihat Ondel-Ondel Mengamen

Mereka bahkan mengaku telah menyiapkan sebuah ruangan yang dipergunakan sang anak jika ingin menangis, namun dengan syarat tanpa adanya suara sedikitpun.

"Kemarin naik sepeda jatuh. Tapi pas mau nangis karena melihat saya, akhirnya dia diam. Kenapa bisa gitu, karena kita membiasakan Khaleev dari kecil, kalau mau nangis ada ruangannya. Kalau kamu mau nangis, pergi ke sana. Jadi dia kalau nangis ke ruangan itu, nangis. Kalau sudah dia keluar," ujar Prabu yang ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Senin 28 Agustus 2017.

"Dan enggak boleh ada suara. Kalaupun ada harus kencang," lanjut Zhe Zhe.

Mendidik anak dengan cara seperti itu, baik Prabu dan Zhe Zhe tentunya memiliki sebuah alasan tersendiri. Salah satunya adalah, bagi mereka seorang anak laki-laki memang tak boleh cengeng, karena hal tersebut dapat menimbulkan perilaku pembullyan dikemudian hari.

Keduanyapun mengaku tak ingin hal tersebut terjadi kepada sang putra. Oleh karenanya mereka menerapkan istilah menangis pada tempatnya.

"Biar dia tahu, sebenernya dia boleh nangis tapi ada tempatnya. Dia enggak bisa nangis sembarang tempat. Apalagi laki. Nanti pas dia sudah SD bergaul sama teman-temannya. Dulu kan kita pernah ngalamin, saya pernah ngalamin," papar Prabu.

"Laki-laki kalau gampang nangis itu bakal gampang dibully sama teman-temannya. Jadi membiasakan diri dia mengelola emosi. Jadi kalai mau nangis, dia tahu kemana harus pergi kemana," sambungnya.

Sementara itu Prabu mengaku bahwa hal-hal kecillah yang membuat sang anak mudah menangis. Namun Zhe Zhe menjelaskan bahwa perilaku terlalu drama sang anak diadaptasi dari kelakuan sang suami saat masih kecil.

- Baca Juga: Berhijab, Keluarga Zee Zee Shahab Menangis

- Baca Juga: Zee Zee Shahab Kenang Masa Sulit Mencari Gaun Pengantin

"Mainannya rusak, atau kakaknya pergi, saudaranya pulang," papar Prabu.

"Dia itu drama sekali ya, melow. Kalau ada saudaranya datang dan pas pulang, dia bisa nangis meraung-raung. Mirip bapaknya haha," timpal Zhe Zhe.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini