nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lawan Pembajakan, Lyla Janjikan Kemas Album Fisik Lebih Unik

Sumarni, Jurnalis · Senin 28 Agustus 2017 01:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 25 205 1762970 lawan-pembajakan-lyla-janjikan-kemas-album-fisik-lebih-unik-MXECK3aNFl.jpg Lyla (Foto: Youtube)

JAKARTA - Pembajakan khususnya di industri musik dari waktu ke waktu semakin merajalela. Banyak CD album yang cetak secara ilegal dan dijual dengan harga super miring. Akibatnya, banyak musisi Tanah Air mulai ragu saat hendak meluncurkan album berbentuk fisik.

- Baca Juga: Lyla Kasih Bocoran Bakal Gelar Konser sebagai Penanda 12 Tahun Debut

- Baca Juga: Lama Vakum, Lyla Berencana Comeback Lewat Album Studio Tahun Depan

Meskipun begitu grup musik Lyla justru tetap berpegang teguh dengan merilis album fisik. Bagi Indra Perdana Sinaga alias Naga yang berperan sebagai vokalis dalam grup, album fisik sejatinya masih memiliki pasar tersendiri.

Sejumlah orang pun disinyalir masih gemar mengoleksi sebuah album ketimbang mendownload ataupun mendengarkan lagu-lagu secara online.

"Yah sekarang kan memang lagi masa peralihan dari penjualan fisik ke digital. Tapi masih ada sih beberapa yang tetep ingin bentuk fisiknya buat dia koleksi. Buat kolektor item jadi kita masih ngerilis itu sih," kata Naga saat ditemui di Komplek MNC Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Agar mampu bersaing dengan digital juga memberantas pembajakan, Naga dan personel Lyla lainnya akan mendesain album seunik mungkin. Mereka memang ingin album selanjutnya bisa dijadikan bahan pajangan di rumah.

"Mungkin next kita akan buat CD-nya lebih ke kolektor item gitu. Jadi lebih layak untuk disimpan untuk dipajang atau mungkin di taro di pajangan, rak buku segala macem," imbuhnya.

Di samping itu, banyak juga musisi Nusantara yang beralih dari merilis CD biasa menjadi piringan hitam. Piringan hitam disebut-sebut lebih menjanjikan bila bicara soal koleksi.

Sayangnya, band dengan lima anggota ini justru belum berniat merilis album dalam bentuk piringan hitam. Fokus Naga dkk saat ini lebih soal penggarapan materi lagu untuk album studio ke-4 yang bakal diluncurkan tahun depan.

"(Piringan hitam) belum sih kalau itu belum sih. Ada rencana tapi belum. Tapi kan temen-temen udah banyak yang mulai bikin piringan hitam, soalnya itu kan kolektor item juga," jelas Naga.

"Omongan sih ada tapi kita memang fokus ke album yang baru dulu. Udah rekaman juga tapi gitu kita rekaman sebanyak-banyaknya lagu nanti dipilih 10 lagu buat masuk di album," imbuhnya.

- Baca Juga: Gugupnya Personel Lyla Jelang Konser Decadance

- Baca Juga: 10 Tahun Bermusik, Lyla Gelar Konser

Lyla sendiri berdiri sejak 1 Juli 2006. Band dengan lima anggota termasuk Naga (vokal), Fare (gitar), Dharma (keyboard), Dennis (bass) dan Difin (drum) meluncurkan album perdana yang bertajuk Yang Tak Terlupakan pada 2008.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini