Steven Jam Geram Malaysia Salah Cetak Bendera Indonesia

Sumarni, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 21 33 1760203 steven-jam-geram-malaysia-salah-cetak-bendera-indonesia-Xyd0ZXAKHp.jpg Steven Jam (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kejadian salah cetak bendera Indonesia dalam buku panduan SEA Games Kuala Lumpur 2017 masih menjadi sorotan publik. Komentar miring dan negatif langsung muncul dari berbagai kalangan termasuk sejumlah musisi Tanah Air. Salah satu di antaranya datang dari Steven Jam.

Mantan vokalis Steven and The Coconut Treez itu tak rela simbol bangsa negara dicetak terbalik oleh pihak penyelenggara SEA Games di Malaysia. Bagaimana tidak, bendera merah putih dibalik menjadi lambang negara Polandia. 

BACA JUGA: Buktikan Eksistensi, Steven Jam Siap Rilis 2 CD dalam Album "Penawar Rindu"

(Baca Juga: Joget Lagi, Caisar Diam-Diam Ceraikan Indadari)

Komentar kekesalan Steven itu disampaikan langsung kepada Okezone pada Senin (21/8/2017).

"Pertama kali dengar saya kesal sebagai bangsa Indonesia ya kan biar gimana juga nasionalisme gua tinggi walaupun gua belum banyak berbuat banyak buat Indonesia. Tapi itu tadi gua enggak rela simbol negara kebangsaan gua dibegituin," katanya saat dijumpai di Gedung Inews Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Steven berharap supaya insiden tak mengenakan tersebut memang terjadi tanpa disengaja. Ia juga menyarankan agar pihak penyelenggara di Kuala Lumpur bersikap sportif selama ajang kejuaran olahraga se-Asia Tenggara itu berlangsung.

"Jangan suudzonlah, positif aja mudah-mudahaan mereka enggak sengaja. Cuma enggak sengaja jangan diulang. Soalnya ini kan olahraga, suportivitas ajalah," imbuhnya. 

Hanya, Steven berani membela negara di garda terdepan apabila insiden bendera terbalik itu dilakukan secara sengaja. Ia juga tak takut memperjuangkan lambang negara yang sudah melekat sebagai identitas Indonesia tersebut.

"Kalau namanya enggak sengaja dimaklumin tapi kalau ada unsur kesengajaan lets go, tos-tosan aja udah. Pelecehan itu. Ini jihad namanya," sambungnya. 

Sementara itu pihak pelaksana SEA Games sendiri sudah mengeluarkan permohonan maaf secara resmi atas insiden salah cetak bendera Indonesia. Pernyataan tersebut disampaikan di akun sosial media resmi SEA Games Kuala Lumpur 2017. 

(Baca Juga: Ditanya soal Alasan Bercerai, Caisar: Saya Ingin Bebas dan Punya Jiwa Entertain)

(Baca Juga: Dicerai Caisar, Indadari Tunggu Pertanggungjawaban di Akhirat)

Insiden salah cetak tersebut bermula pada 19 Agustus 2017. Pada pembukaan SEA Games 2017 yang di gelar di Stadion Bukit Jalil para pengunjung mendapatkan buku panduan. Sayang saat dilihat justru bendera Merah Putih dicetak terbalik sehingga menjadi warna bendera Polandia di buku tersebut.

Steven Jam sendiri kini tengah berfokus menggarap album terbaru. Album bertajuk Penawar Rindu itu berencana dirilis Oktober mendatang. Berisi 18 lagu, Steven membagi album menjadi dua bagian CD yakni Sunrise dan Sunset yang dikemas menjadi satu. Masing-masing CD memiliki sembilan lagu dengan konsep musik serupa seperti Sunrise untuk up beat dan Sunset agak slow.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini