Share

Spider-Man: Homecoming Era Baru Film yang Angkat Tema Keanekaragaman

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 11 206 1733991 spider-man-homecoming-era-baru-film-yang-angkat-tema-keanekaragaman-3fZtFNEJ74.jpg Pemain Spiderman (Foto: Msstart)

LOS ANGELES โ€“ Spider-Man: Homecoming adalah sebuah film Spider-Man yang diciptakan khusus untuk generasi baru, sebuah generasi yang ingin melihat sebuah franchise mencerminkan dan merepresentasikan dunia di mana mereka hidup saat ini. Tak heran rasanya jika Spider-Man: Homecoming dianggap menjadi era baru film superhero yang mengangkat tema keanekaragaman di dalamnya.

Tom Holland sebagai perwakilan dari kulit putih diangkat menjadi pemeran utama atau Peter Parker. Kehidupannya di masa sekolah pun secara tidak disadari dikelilingi oleh para pemain kulit hitam.

Sebut saja karakter bernama Liz Allen, yang seharusnya ditampilkan blonde namun justru dimainkan oleh aktris Afrika-Amerika Laura Harrier. Selain itu ada juga Zendaya, yang berperan sebagai karakter baru bernama Michelle โ€œMJโ€ Jones. Dan terakhir sahabat baik Parker, Ned diperankan oleh aktor kelahiran Hawaii Jacob Batalon.

โ€œItu lah niatnya. Kalian tahu, karena ini adalah 2017,โ€ kata John Francis Daley, co-writer dari skenario Spider-Man Homecoming bersama Jonathan Goldstein.

โ€œPenting juga untuk membuat film ini seperti dunia nyata. Dunia Marvel hidup di tempat nyata, sehingga kami ingin menjadi bagian dari sekolah nyata. Sekolah nyata yang sesungguhnya berada di New York,โ€ kata Goldstein menambahkan seperti dilansir Eonline, Selasa (11/7/2017).

Permasalahan tentang kurangnya keanekaragaman di industri perfilman Hollywood mulai merebak pada gelaran Oscars tahun 2016, di mana tidak ada satu pun aktor kulit hitam yang masuk ke dalam nominasinya. Panitia pun mendapat sorotan tajam dengan munculnya boikot-boikot dari artis untuk tidak menghadiri acara Oscar tahun itu.

Langkah Spider-Man ini sepertinya akan diikuti oleh film Marvel lainnya, yakni Black Panther. Seperti diketahui, Black Panther mengangkat tokoh utama berkulit hitam yang diperankan oleh Chadwick Boseman.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini