Sibuk Proyek Sampingan, Begini Cara RAN Tetap Kompak

Rima Wahyuningrum, Jurnalis · Kamis 08 Juni 2017 01:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 07 33 1710451 sibuk-proyek-sampingan-begini-cara-ran-tetap-kompak-rOa6ajpmLP.jpg RAN (Foto: Sabki/Okezone)

JAKARTA - Grup RAN telah membuktikan eksistensinya di belantika musik Indonesia lewat karya terbarunya yakni dalam peluncuran album fisik 'RAN' dan single Mager. Di balik itu, masing-masing personel juga disibukkan dengan proyek sampingan.

Nino membentuk trio komposer bersama Lale dan Ilman 'Maliq & D'Essentials' bernama Laleilmanino. Sementara Rayi menjadi solois untuk lagu berjenis R&B dengan dua single yakni Talk, Chil, Sleep dan Demon, sedangkan Asta diketahui bekerja di balik layar sebagai produser dan berbisnis.

Meski terpisah dengan proyek lain, mereka mengatakan bahwa menerima dukungan dari personel masing-masing. Satu hal yang membuat mereka tetap kompak adalah dengan terus menganggap RAN adalah rumah dan tempat untuk kembali.

"Insya Allah kita bisa bagi-bagi waktu karena kita juga sangat produktif di luar RAN. Tapi kita saling support dan sadar RAN adalah rumah kita," ujar Rayi di Sarinah, Jakarta Pusat.

Dari proyek sampingan itu mereka telah menelurkan kesuksesan. Seperti Nino bersama Lale dan Ilman telah sukses menghasilkan hits untuk Arman Maulana dengan judul lagu Sebelah Mata. Sementara Rayi dengan dua single solo bergenre Hip-Hip dan R&B yang berbahasa Inggris.

Perbedaan gaya bermusik di luar dirasa oleh mereka sebagai bentuk kreatif yang tidak bisa dilakukan bersama RAN. Walaupun demikian, mereka akan tetap kembali ke 'rumah' tempat mengawali karier.

"Sudah jelas RAN punya idealisme, batasan dan koridor kita tetap original juga. Banyak hal yang pengen kita lakukan sebenernya bisa aja di RAN tapi kalau dipaksakan akan jadi tidak RAN sekali," jelas Nino.

"Jadi kita enggak mau memaksakan ego kita. Dibanding itu, lebih baik kita bikin proyek di luar tapi kita sadar ini RAN rumah kita," tutup Rayi.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini