Moriarty Muncul Lagi di Episode Final Sherlock Season 4

Lidya Hidayati, Jurnalis · Selasa 17 Januari 2017 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 17 206 1593588 moriarty-muncul-lagi-di-episode-final-sherlock-season-4-PMdwnMwvZa.jpg Sherlock (Foto: Entertaintment Weekly)

LONDON – Sherlock season 4 telah resmi berakhir dengan tayangnya episode ke-3 pada Minggu 15 Januari 2017 lalu. Episode tersebut mengejutkan banyak penonton dengan munculnya kembali sosok Moriarty yang seharusnya telah mati di season sebelumnya.

Kreator Sherlock, Steven Moffat punya alasan sendiri mengapa memunculkan kembali sosok Moriarty. Sama seperti dengan alasan pembunuhan karakter Mary di episode pertama, Moffat memilih memunculkan kembali Moriarty karena tak pernah ada bukti nyata jika musuh bebuyutan Holmes itu benar-benar mati.

“Ada sejumlah urusan yang belum selesai di situ, tapi kita jelas tahu dia mati. Orang bilang, kami membuat-buat cerita, tapi kekuatan adegan rooftop akan rusak ketika ditelaah lagi jika dia tidak benar-benar membunuh dirinya sendiri hanya untuk memenangkan perdebatan, yang mana memang itu yang terjadi,” tutur Moffat kepada Entertainment Weekly.

Moffat sendiri mengaku puas dan senang dengan hasil karyanya dalam memunculkan kembali sosok Moriarty meski hanya dalam adegan flashback. Dia juga senang karena karena bisa kembali bertemu Andrew Scott, sang pemeran Moriarty.

“Andrew kembali, sebenarnya masih belum pasti bagi kami hingga hari terakhir bahwa kami bisa melakukannya. Tapi kami butuh flashback itu untuk mengisi bagaimana itu terjadi. Dan kalian mendapat kesempatan sempurna untuk membawa kembali Moriarty dan selama 2 menit membuat seolah dia muncul di masa kini. Itu menyenangkan,” pungkas Moffat.

Episode akhir Sherlock season 4, The Final Problem disebut-sebut tak hanya menjadi episode terakhir season 4 serial BBC ini, namun episode final keseluruhan petualangan Holmes dan Dokter Watson. Moffat dan timnya hingga kini tak yakin apakah mereka bisa membuat season baru dalam waktu dekat.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini