nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Chef Aiko Himbau Para Remaja Bijak Gunakan Media Sosial

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Sabtu 17 Desember 2016 23:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 12 17 33 1569240 chef-aiko-himbau-para-remaja-bijak-gunakan-media-sosial-i4XynDBfeh.jpg Chef Aiko (Foto: Okezone)

JAKARTA - Aiko Sarwosri Isra, atau yang lebih dikenal dengan nama Chef Aiko, menjadi salah satu narasumber dalam sebuah kegiatan sosialisasi hukum dan HAM yang digelar di salah satu sekolah menengah atas di bilangan Duri Kepa, Jakarta Barat.

Dalam kesempatan itu, juru masak 27 tahun tersebut membagikan pengalaman tentang bagaimana dampak yang dapat ditimbulkan dari penyalahgunaan media sosial, yang kerapkali digunakan sebagai sarana untuk menebar kebencian.

"Memberi pengalaman saja ke anak-anak, berbagi pengalaman sebagai seseorang yang ada masalah dengan media sosial sampai akhirnya mengambil ke ranah jalur hukum," kata Aiko Sabtu (17/12/2016).

Seperti yang telah diketahui, Aiko tengah terseret ke dalam kasus hukum, usai melaporkan Robby Abbas beberapa waktu lalu. Kala itu, Aiko menuduh Robby telah mencemarkan nama baiknya, lewat tulisan-tulisan bernada kebencian yang ia posting di akun media sosial Instagram.

Datang bersama kuasa hukumnya, Krisna Murti, Aiko awalnya sempat menolak hadir lantaran kurang menguasai pengetahuan di bidang hukum. Namun, Krisna akhirnya meyakinkan Aiko untuk ikut memberikan sosialisasi, melalui contoh kasus yang saat ini tengah dialaminya.

"Awalnya dia bingung karena enggak tahu soal hukum. Tapi akhirnya, ayo, tetap saya ajak, kan demi generasi bangsa supaya mereka tahu seperti apa bahayanya. Share saja bahayanya kalau melanggar UU ITE, karena kan dia memang lagi ada masalah disitu," terang Krisna.

Terakhir, keduanya menghimbau para remaja agar mulai lebih sadar hukum dan lebih bijak dalam menggunakan teknologi, khususnya media sosial.

"Mungkin akan ada kegiatan lagi ke SMA-SMA lain agar anak-anak ini jadi lebih sadar hukum dan lebih bijak dalam menggunakan teknologi," tutup Krisna mewakili Aiko.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini