nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perseteruan Keluarga Prince dan Jay-Z Soal Kompensasi Hak Cipta Lagu Kian Memanas

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Senin 14 November 2016 22:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 14 205 1541433 perseteruan-keluarga-prince-dan-jay-z-soal-kompensasi-hak-cipta-lagu-kian-memanas-W4qG6tt2Bv.jpg Jay-Z (Foto: Aceshowbiz)

LOS ANGELES - Konflik yang melibatkan musisi Jay-Z dengan pihak keluarga mendiang Prince, terkait layanan streaming ilegal untuk koleksi album milik sang penyanyi legendaris, dikabarkan semakin meruncing.

Dikutip Aceshowbiz melalui TMZ, pihak keluarga selaku pemegang hak milik setiap karya pribadi Prince, telah menolak tawaran senilai 40 juta US Dollar dari Jay-Z, untuk biaya kompensasi pemutaran lagu-lagu milik sang musisi di aplikasi layanan streaming musik miliknya, Tidal.

Meski Jay-Z sempat membuat salah satu kerabat Prince, Tyka, tertarik untuk mengesahkan kesepakatan itu, ia bersama sang suami, Maurice Phillips, tetap tidak bisa berbuat banyak. Hal tersebut lantaran keduanya bukan berasal dari pihak keluarga, yang ditetapkan sebagai pemegang hak milik setiap karya pribadi Prince.

Alih-alih menerima kesepakatan, Jay-Z malah harus menderita kekalahan dalam sengketanya melawan Universal Music, selaku studio yang memegang hak putar penuh dari setiap karya Prince,

Tak berhenti sampai disitu, pihak pemegang hak milik juga memanggil pihak pengelola jasa layanan streaming musik Tidal yang dikelola Jay-Z.

Pemanggilan tersebut dilakukan atas dasar pemutaran 15 album milik Prince dalam situs jasa layanan streaming musik itu tanpa ijin resmi dari sang pemegang hak milik. Meski Jay-Z dan Prince telah terlibat kesepakatan pada tahun 2015 untuk peluncuran album terbaru sekaligus terakhirnya, “HITNRUN (Phase One)”, hal itu sama sekali tidak mengurangi niat mereka untuk memanggil pihak pengelola situs Tidal.

Pasalnya, pihak pemegang hak milik karya Prince menyebutkan bahwa sama sekali tidak terdapat bukti yang menunjukkan biaya kontrak senlai 750 ribu US Dollar, yang telah disepakati oleh keduanya saat melakukan penandatanganan kesepakatan.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini