Mengenal Lima Kontestan Indonesian Idol Junior

Chaerunnisa, Jurnalis · Sabtu 31 Januari 2015 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 31 205 1099759 mengenal-lima-kontestan-indonesian-idol-junior-44We26a073.jpg Mengenal lima kontestan Indonesian Idol Junior (Foto: MNCTV)

JAKARTA - Persaingan antara para kontestan Indonesian Idol Junior semakin panas. Untuk tetap bertahan sampai ke babak akhir yakni Grand Final, setiap Junior pun berlomba merebut dukungan pemirsa dengan menampilakan yang terbaik sesuai ciri khas masing-masing.

Ternyata, masing masing dari mereka sudah punya ketertarikan terhadap jenis musik tertentu. Bahkan mereka juga mampu menjabarkan seperti apa karakter vokalnya. Apa saja karakter mereka? Ini dia.

Maria. Si Powerful Yang Hitam Manis

Saat ditanya seperti apa karakter vokal yang hendak ditonjolkannya, dara berusia 12 tahun ini langsung menjawab dengan yakin.

"Kalau aku ciri khasnya powerful. Jadi kalau misalnya nyanyi terutama yang nada tinggi gitu powernya selalu dapat. Kalau kata orang sih aku punya suara berat berat gimana gitu," tuturnya kala ditemui MNCTV di sela waktu latihan vokal.

"Ya kalau aku sih maunya dikenal sebagai penyanyi powerful yang hitam manis. Hehehe," sambungnya sambil mengumbar senyum.

Di usianya yang memasuki masa remaja, finalis yang berasal dari Medan ini mengaku tengah mengalami perubahan suara. Maria bilang, dulu dia bisa mencapai nada yang jauh lebih tinggi dari saat ini. Tapi hal itu tak membuatnya sedih.

"Kalau perubahan suara jadi turun nada gitu aku ga bete kok. Karena setiap orang pasti ada perubahan suara. Katanya kalau dilatih ya bisa mencapai nada tinggi lagi," kata gadis bernama lengkap Maria Dwi Permata itu.

Finalis yang pandai bermain piano ini mengungkapkan kalau dia merasa lebih nyaman menyanyikan lagu lagu slow rock seperti lagu Mimpi dari Anggun yang pernah dibawakannya di panggung spektakuler. Ternyata Anggun adalah salah satu penyanyi favoritnya.

Rian. Bernyanyi dengan Penghayatan

Si sulung bernama lengkap Febrian Nicanov Napitupulu ini menyukai berbagai genre musik mulai pop, jazz, swing, sampai blues. Tapi dari sekian banyak genre musik, Rian mengaku paling suka musik jazz. Namun Rian merasa kurang cocok untuk menyanyikan lagu dangdut dan Melayu.

"Aku kekurangannya di dangdut dan Melayu. Bukan karena susah tapi karena memang ngga cocok dengan karakter suara aku. Sehingga biar dipaksa kaya gimana pun hasilnya tidak akan semaksimal dengan lagu yang memang cocok dengan karakter aku," tuturnya.

Rian bahkan ingin menjadi penyanyi jazz dengan tetap menampilkan akrobatik vokalnya. "Aku enggak mau dibilang ikutan siapa gitu. Aku maunya orang yang mencontoh aku," imbuhnya.

Ternyata kemampuan vokal akrobatik ya itu didapat secara otodidak. Rian gemar membuka media YouTube untuk melihat teknik penyanyi terkenal. "Penyanyi terkenal itu punya teknik sendiri sendiri. Nah aku pelajari satu per satu. Yang paling cocok dengan karakter aku dan paling aku suka itu Afghan dan Sammy Simorangkir." tuturnya penuh keyakinan.

Dalam bernyanyi, Rian yang kini berusia 12 tahun itu percaya kekuatan utamanya adalah di penghayatan. Dia selalu mencari interpretasi yang tepat dalam setiap lagu yang ia nyanyikan.

"Misalnya di lagu Aku Lelakimu dari Virzha. Waktu itu aku merasa kalau aku nyanyikan maka maknanya menjadi aku sebagai lelaki yang melindungi mama dan adik," ujarnya.

"Karena itulah Rian ingin dikenal sebagai penyanyi yang soulful alias penuh penghayatan," tandasnya. 

Jojo. Si Raja Melayu

Finalis bertubuh mungil ini menjawab dengan cepat saat ditanya jenis musik favoritnya. "Kalau aku karakter vokalnya lebih ke Melayu. Makanya aku sering dikasih lagu lagu Melayu karena aku bisa cengkok ya. Hehehe," tuturnya sambil terkekeh.

Kecintaan Jojo terhadap musik Melayu bermula saat seorang guru memintanya ikut lomba menyanyi lagu Melayu. Lalu sang mama mulai mengajarkan lagu Melayu lengkap dengan cengkoknya.

"Pertama kali aku dengar lagu Melayu itu lagunya Siti Nurhaliza yang judulnya Pulau Penawar Rindu. Awal dengerin lagu Melayu emang kaya susah, tapi lama lama aku bisa juga," kata penggemar Siti Nurhaliza dan Iyeth Bustami itu. 

Walaupun menggemari musik Melayu, pemilik nama lengkap Johanes Rizki Tinambunan itu mengaku tetap mempelajari semua jenis lagu supaya kelak menjadi penyanyi serbabisa. 

Abby. Penyanyi yang cewek banget

Si cantik yang bernama lengkap Abbygail Caroline Tambun ini memiliki kepribadian yang sangat manis. Dia juga mengaku kalau dirinya sangat girly sejak kecil. Abby sangat senang melihat perempuan yang mengenakan dress cantik.

"Aku tuh karakternya girly. Sukanya tuh pakai dress. Nyaman saja gitu dilihatnya," ungkapnya.

Tak heran ketika disinggung seperti apa karakter vokalnya, Abby langsung memilih lagu slow. "Kalau lagu beat aku masih kebanyakan vibra jadi aku lebih milih lagu slow. Kalau lagu slow kan cenderung bisa dibuat macam macam lagunya. Improvenya banyak dan bisa falset," ujarnya bersemangat.

Suara falset memang menjadi keunggulan Abby. Tapi tak berarti dia ingin focus untuk menyanyi ala seriosa.

"Aku sebenarnya standard aja ya sukanya pop. Ya aku sebenernya bisa seriosa, bisa jazz, bisa hampir semua genre. Tapi aku pengen nyanyi pop saja. Seriosa itu cuma biar ngeliatin aku bisa aja. jadi bukan yg utama. Karena kalau seriosa kan falset dan vibra yang banyak gitu. Kalau pop lebih fleksibel," jelasnya.  

Vitara. The Little Rock

Kalau melihat sosoknya yang imut mungkin orang tak akan menyangka kalau Vitara sangat menyukai musik rock. Kakaknya lah yang pertama kali memperkenalkan musik rock kepadanya.

"Kalau menurut aku di lagu rock itu kan ada suara serak-serak basahnya. Nah suara aku kan ada serak serak basahnya. Emang udah dari sananya begitu," tuturnya dengan wajah tersipu.

Bahkan Vitara yang kini sudah banyak memiliki penggemar dijuluki The Little Rock. "Sama fans aku dibilang the little rock. Maksudnya kecil kecil udah bisa nge-rock gitu. Hehehe," akunya.

Apa yang membuat Vitara jatuh cinta dengan musik rock?. "Rock itu unik ya. Dari teriak sampai suara yang kaya diredam gitu ada. Terus aku juga suka gitarnya. Kan biasanya melodinya cepat tuh. Tapi aku belum bisa main alat musik sih," jawab pemilik nama lengkap Vitara Dinda Maharni itu.

Untuk menjaga suara seraknya agak selalu prima Vitara pun punya tips. "Yang pasti harus jaga kesehatan. Ngga boleh makan yang pedas pedas. Hindari es krim dan cokelat," tutup dia sambil tersenyum.

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini