nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Paramitha Rusady Pakai Sarung Asli Bu Inggit di Ketika Bung di Ende

Lamtiur Kristin Natalia Malau, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2013 12:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 10 09 206 878999 c98mXoKybg.jpg Paramitha Rusady & Baim Wong (foto: dok. pribadi

JAKARTA – Untuk lebih menggambarkan kehidupan Presiden Soekarno selama masa pengasingan di Ende, Nusa Tenggara Timur, Paramitha Rusady mengenakan kain asli milik Inggit Ganarsih, istri Soekarno, dalam film Ketika Bung di Ende.

Dalam film tersebut, wanita yang akrab disapa Mitha ini berperan sebagai Bu Inggit Ganarsih. Tokoh yang diperankannya ini sangatlah penting. Pasalnya, Bu Inggit merupakan wanita yang menemani Bung Karno selama di Ende. Bahkan, Mitha juga telah melakukan ziarah ke makam Bu Inggit di Bandung, Jawa Barat.

"Salah satu bentuk dukungan yang kami terima adalah, Paramitha Rusady dipinjamkan empat lembar kain sarung batik milik Bu Inggit. Itu kain asli dari Bu Inggit Garnasih, yang digunakan oleh Bu Inggit saat menemani Bung Karno di pengasingan," jelas Egy Massadiah, Eksekutif Produser, dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Rabu (9/10/2013).

Ketika Bung di Ende saat ini sudah memasuki tahap syuting. Pengambilan gambar tersebut dilakukan di Teluk Ipi. Lokasi ini tidak jauh dari pantai asli, di mana Bung Karno berlabuh pertama kali di Ende, pada 1934.

"Kami membangun dermaga khusus untuk mendapat hasil maksimal, sebuah adegan pada masa itu. Kami menggabungkan syuting dengan teknologi animasi untuk menampilkan semirip mungkin saat saat Bung Karno menginjakkan kaki di tanah Ende," jelas Egy.

Adegan lain yang tidak kalah pentingnya, lanjut Egy, adalah saat Soekarno merumuskan jati diri bangsa Indonesia yang kelak dikenal sebagai Pancasila. Itu dilakukan Presiden pertama RI tersebut di bawah pohon sukun, di pinggir pantai Ende

"Semoga film ini menularkan semangat, dan inspirasi bagi generasi saat ini," tutup dia.

(gal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini