Didi Kempot Penyanyi Terpopuler di Suriname

Fajar Nugraha, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2013 06:07 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 19 386 852146 e5stQyO4TP.jpg Didi Kempot (Foto: Facebook)

JAKARTA – Suriname memang memiliki kedekatan budaya dengan Indonesia, karena banyak suku Jawa yang tinggal di negara yang berada di daratan Amerika Selatan itu. Tak heran jika penyanyi tradisional Jawa, Didi Kempot, menjadi penyanyi terpopuler di Suriname.

“Penyanyi paling populer di Suriname itu Didi Kempot,” ujar Menteri Dalam Negeri Suriname Soewarto Moestadja dalam Kongres Diaspora Indonesia II di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (19/8/2013).

“Dia populer karena bisa menyanyi dengan gaya Suriname,” lanjutnya.

Selain Didi kempot, warga Suriname juga mengenal Waljinah. Pemerintah Suriname bahkan memberikan penghargaan Lifetime Achievement untuk jasanya dalam seni budaya Jawa.

Etnis Jawa Suriname juga masih melestarikan budaya tradisional Jawa seperti ludruk dan jaran kepang.

“Ada sedikit perbedaan antara budaya Jawa di Suriname dan Indonesia. Kebanyakan pekerja Jawa yang datang ke Suriname hanyalah orang biasa dari desa,” terang Moestadja.

Sejarah menyebutkan, sebetulnya tak hanya orang Jawa saja yang dibawa kolonial Belanda ke Suriname untuk dipekerjakan di perkebunan gula dan kayu di akhir tahun 1800-an. Juga ada orang Madura dan Sunda yang diboyong ke sana hingga akhirnya juga jadi orang Jawa.

(tre)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini