Rilis Album Ketiga, Samsons Kembali ke Zaman Dulu

Elang Riki Yanuar, Jurnalis · Sabtu 07 November 2009 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2009 11 07 205 273201 brDFnaIem5.jpg (Foto: Johan Sompotan/okezone).

JAKARTA - Grup band Samsons akhirnya meluncurkan album ketiganya. Uniknya, dalam album ketiga bertajuk Samsons ini mereka memilih kembali ke zaman dulu. Lho?

Yang dimaksud kembali ke zaman dulu adalah proses rekamannya, di mana mereka memilih menggunakan pita, bukan digital.

"Kami ingin merasakan bikin album kayak jaman dulu. Susah banget, tapi bisa kita lewati sampai album ini jadi. Banyak banget deh suka dukanya dalam pembuatan album ini," terang Bams, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat (6/11/2009).

Rekaman dengan pita, lanjut Bams, cukup sulit. Pasalnya, mereka tidak bisa mengulang dan terbatas hanya beberapa track saja. "Kalau tiga kali salah, kualitas pita menjadi menurun. Dan pastinya cari pitanya susah," katanya.

Karenanya, rekaman dengan menggunakan pita ini sudah lama ditinggalkan para musisi lainnya.

Namun, lanjut Bams, rekaman menggunakan pita juga memiliki kelebihan, yaitu suaranya akan terdengar lebih bagus, ketimbang rekaman digital.

"Kalau kita pakai digital itu soundnya beda. Kita ingin merasakan rekaman pakai pita. Jaman sekarang kan banyak yang rekaman pakai digital, trus suaranya bisa diedit, dibikin jadi bagus. Dengan menggunakan pita analog ini adalah kepedulian kita terhadap musik Indonesia yang lebih berwarna, nggak monoton," pungkasnya.

(uky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini