Share

Rihanna Tak Terima Bayaran Saat Tampil di Super Bowl

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Senin 13 Februari 2023 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 13 205 2763823 rihanna-tak-terima-bayaran-saat-tampil-di-super-bowl-yf4aOahFUW.jpg Rihanna (Foto: Pitchfork)

JAKARTA - Penyanyi Rihanna dijadwalkan akan tampil di Super Bowl pada Minggu, 12 Februari waktu setempat. Saat sesi istirahat di tengah permainan, pelantun Born Again tersebut diketahui akan menghibur para penonton dan tidak akan dibayar.

Dilansir dari Insider, Senin, 13 Februari 2023 ada beberapa artis yang dijadwalkan akan mengisi pertunjukkan Super Bowl, diantaranya Lady Gaga, Bruno Mars, Beyonce, Jennifer Lopez, dan Shakira. Menjadi langganan untuk mengisi acara di ajang olahraga, para penyanyi ini juga disebut tak menerima bayaran.

Sementara itu, National Football League (NFL) juga tidak memberikan cek besar kepada para pengisi acara. Bahkan, besaran biaya yang terkait dengan penampilan para artis bukan menjadi tanggungan NFL, melainkan liga.

NFL juga harus membayar "skala serikat", jumlah yang ditentukan oleh Screen Actors Guild (SAG-AFTRA) yang mana dan tersebut masuk ke serikat pekerja, dan kemudian mendistribusikannya ke pemain.

Meskipun tidak dibayar, ternyata ada banyak manfaat lain yang didapatkan oleh para penyanyi ketika tampil di Super Bowl. Salah satunya exposure atau popularitas pada penonton yang lebih banyak.

Rihanna

Bahkan, pertunjukkan yang dilakukan para penyanyi ini juga berpotensi mendapatkan penghargaan seperti Emmy bagi para penyanyi.

"Superbowl adalah salah satu panggung terbesar di dunia, merupakan impian seorang entertainer untuk berada di panggung seperti itu," ucap Rihanna kepada Associated Press.

Rihanna sendiri mengatakan bahwa penampilannya tersebut berdampak pada peningkatan serta pendapatan dari brand kosmetiknya, Fenty Beauty dan Savage X Fenty. Menariknya, mantan kekasih Chris Brown ini meluncurkan edisi terbatas dari Savage X Fenty khusus pada ‘game day’ yang menampilkan pakaian bertema Super Bowl, dengan makeup yang senada.

Follow Berita Okezone di Google News

Alih-alih tak dibayar, para artis justru menyumbangkan uangnya melalui penampilannya di Super Bowl. Untuk penampilannya pada tahun 2021, The Weeknd menghabiskan tambahan $7 juta dari uangnya sendiri untuk memastikan pertunjukan tersebut sesuai dengan keinginannya.

Meski tak mendapat bayaran, para penyanyi yang ingin tampil di Super Bowl rupanya melakukan proses seleksi. Mulai dari komite yang terdiri dari direktur hiburan National Football League, rekan dari perusahaan produksi NFL, hingga direktur serta produser acara tersebut.

Ada beberapa faktor yang dipertimbangkan oleh para panelis ketika membuat daftar termasuk relevansi genre dan popularitas para penyanyi. Setelah mendapatkan daftarnya, mereka baru bisa melanjutkan proses dengan memberikan daftar tersebut ke pejabat pada kota yang menjadi tuan rumah acara dan memiliki wewenang untuk membuat keputusan akhir.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini