Share

5 Larangan di Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Tak Boleh Dilanggar Tamu

Claudia Noventa, Okezone · Rabu 07 Desember 2022 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 33 2722508 5-larangan-di-pernikahan-kaesang-pangarep-dan-erina-gudono-tak-boleh-dilanggar-tamu-EdcymL2hYX.jpg Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Foto: Instagram @kaesangp)

SOLO – Beberapa larangan atau aturan akan diterapkan dalam rangkaian acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Kaesang dan Erina akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta pada Sabtu (10/12/2022). Sehari setelahnya, dilanjutkan acara Ngunduh Mantu di Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.

Diketahui, acara akad nikah akan dihadiri 150 undangan. Sedangkan acara Ngunduh Mantu dihadiri sebanyak 6000 undangan.

Gibran Rakabuming Raka selaku juru bicara sekaligus kakak Kaesang mengungkapkan ada sejumlah aturan yang harus ditaati tamu undangan demi kelancaran setiap acara.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Foto: Instagram @erinagudono)

Berikut ini 5 larangan di pernikahan Kaesang dan Erina:

1. Dilarang Pakai Batik Parang Lereng

Gibran mengungkapkan para tamu dilarang memakai batik parang lereng saat hadir di acara resepsi di Pura Mangunegaraan. Aturan tersebut berasal dari Kanjeng Gusti Mangkunegara X.

"Untuk masuk Pura Mangkunegaran tidak boleh ada (batik) parang lereng," kata Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, pada Selasa (6/12/2022).

"Aturan dari Kanjeng Gusti Mangkunegara X. Harusnya (tamu) sudah tahu semua," lanjutnya.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

2. Dilarang Bawa Sumbangan

Putra sulung Jokowi itu menegaskan bahwa para tamu undangan diminta untuk tidak membawa sumbangan. Dirinya hanya meminta para tamu untuk membawa doa yang terbaik untuk adiknya.

“Nggak usah bawa sumbangan, bawa doa aja,” ungkap Gibran.

“Lha memang dari dulu kita tidak menerima sumbangan dalam bentuk apapun. Ya minta doa aja, karangan bunga boleh. Kalau barang-barang, amplop tidak boleh, malah merepotkan. Intinya kita tidak ingin merepotkan,” jelas pria 35 tahun itu.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Foto: Instagram @erinagudono)

3. Dilarang Bawa Kendaraan Pribadi

Sebanyak 6000 tamu undangan akan hadir di Puro Mangkunegaran. Sehingga para tamu diminta untuk tidak membawa kendaraan pribadi, terutama mobil.

Kemungkinan, parkiran di lokasi acara tidak mampu menampung jumlah volume dan rasio kendaraan para tamu.

Hal itu juga telah diantisipasi oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dengan menyiapkan ratusan bus untuk membawa para tamu ke lokasi acara. Diketahui, akan sekitar 220 bus untuk para tamu.

4. Dilarang Lupa Bawa Undangan

Para tamu diharuskan membawa undangan Pernikahan Kaesang dan Erina yang berbentuk fisik dan memiliki barcode.

Gibran menegaskan tidak ada undangan secara digital sebagaimana yang sempat viral di media sosial.

"Tidak ada undangan digital, semua fisik dan ber-barcode," ucap Gibran, pada Rabu (30/11/2022).

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Foto: Instagram @erinagudono)

5. Dilarang Berebut Makanan

Tak kerabat dekat serta kenalan, Kaesang dan Erina juga turut mengundang masyarakat untuk ikut merayakan pernikahan tersebut. Ribuan makanan gratis akan diberikan saat kirab pernikahan di Jalan Selamet RIyadi, Solo, Jawa Tengah.

Gibran meminta untuk seluruh masyarakat yang hadir agar tetap tertib saat pembagian makanan berlangsung.

"(Makanan) Pokoknya ada dari perusahaan sendiri, binaan UMKM perusahaan, pokoknya kita ingin bagi-bagi untuk masyarakat, dalam bentuk packing beda yang di Pura Mangkunegaran, katering," ujar Gibran.

Selain itu, Gibran memastikan bahwa seluruh masyarakat bisa menikmati makanan yang disediakan. Ia tak masalah jika akan banyak masyakat yang hadir untuk turut berbahagia atas pernikahan sang adik.

"Pokoknya yang tertib jangan berebut, semuanya dapat. Pokoknya kami kondisi semua boleh hadir, semua meramaikan, semua boleh membawa makanan yang disediakan. (Membeludak) Ya ndak apa titip doa saja," katanya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini