Share

Jelang Pernikahan Kaesang dan Erina, Gibran Kembali Ditunjuk Jokowi Jadi Jubir

Claudia Noventa, Okezone · Senin 05 Desember 2022 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 33 2720894 jelang-pernikahan-kaesang-dan-erina-gibran-kembali-ditunjuk-jokowi-jadi-jubir-8QIPtJws8X.jpg Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Foto: Instagram @kaesangp)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menunjuk Wali Kota Solo sekaligus putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka sebagai juru bicara (jubir) acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Diketahui, Jokowi telah menggelar rapat terakhir persiapan pernikahan Kaesang dan Erina di Ndalem Wuryoningratan, Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (4/12/2022).

Tak hanya Gibran, Jokowi juga menunjuk Ketua Mahkamah Konstitusi sekaligus adik iparnya, yakni Anwar Usman, sebagai jubir acara.

“Juru bicaranya nanti Mas Gibran Rakabuming dan yang kedua Pak Anwar Usman,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan di The Soga Eatery setelah mengikuti rapat terakhir persiapan pernikahan Kaesang dan Erina.

Gibran Rakabuming Raka. Foto: Antara)

Bukan hal baru Gibran ditunjuk sebagai jubir pada acara pernikahan. Sebelumnya, ia juga menjadi jubir pernikahan sang adik, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution pada 2017 lalu,

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa prosesi pernikahan putra bungsunya telah dipersiapkan dengan matang. Bahkan, ia mantap menyebut 99%.

“Saya tadi ikut rapat terakhir persiapan pernikahan Kaesang dan Erina. Persiapannya sudah 99 persen, alhmadulillah. Telah dipersiapkan dengan baik,” ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

Diketahui, prosesi pernikahan Kaesang dan Erina akan diawali dengan akad nikah yang akan digelar di Yogyakarta, pada Sabtu (10/12/2022). Sehari setelahnya, akan digelar prosesi tasyrakuran pernikahan di Solo.

Prosesi tasyakuran atau resepsi pernikahan bakal digelar di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (11/12/2022). Kedua mempelai juga akan dikirab dengan kereta kencana dari rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran.

“Di Loji Gandrung untuk keberangkatan kirabnya. Nanti pengarnti akan dikiran menuju Mangkunegaran,” jelas Jokowi.

Sementara itu, sebagai jubir, Gibran menegaskan bahwa para tamu undangan diminta untuk tidak membawa sumbangan. Dirinya menjelaskan bahwa keluarganya memang tidak pernah menerima sumbangan.

Hal itu dilakukan sejak pernikahannya dengan Selvi Ananda pada 2015 lalu, serta pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution pada 2017 lalu.

“Iya, zamanku (pernikahan Gibran dan Selvi) kan yo ora nerima (tidak menerima) sumbangan. Nggak ada sumbangan, nggak usah bawa sumbangan,” kata Gibran.

“Nggah usah bawa sumbangan, bawa doa aja,” lanjutnya.

“Lha memang dari dulu kita tidak menerima sumbangan dalam bentuk apapun. Ya minta doa aja, karangan bunga boleh. Kalau barang-barang, amplop tidak boleh, malah merepotkan. Intinya kita tidak ingin merepotkan,” jelas pria 35 tahun itu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini