Share

Dekorasi Pernikahan Kaesang dan Erina yang Tinggal Menghitung Hari, Bertema Jawa Klasik

Claudia Noventa, Okezone · Kamis 01 Desember 2022 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 33 2718335 dekorasi-pernikahan-kaesang-dan-erina-yang-tinggal-menghitung-hari-bertema-jawa-klasik-ESKFVA3PEi.jpg Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Foto: Instagram @erinagudono)

SOLO - Kurang dari dua minggu, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep akan menikah dengan Erina Gudono, tepatnya pada 10 Desember 2022.

Rumah Dinas Waki Kota Solo yakni, Loji Gandrung, sudah mulai dihias dengan dekorasi bertema Jawa klasik dengan dipenuhi bunga berwarna putih.

Gedung yang berada di Laweyan, Solo, Jawa Tengah itu, memang akan menjadi tempat acara ngunduh mantu Presiden Jokowi, pada Minggu (11/12/2022).

Dekorasi Pernikahan Kasesang dan Erina di Loji Gandrung, (Foto: Okezone)

Menurut Ranu Asmoro, pemilik Dekorasi Asmoro, konsep Jawa Klasik terkait dengan sejarah Mataram Islam yang merupakan cikal bakal berdirinya keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Kasultanan Yogyakarta Hadiningrat.

Sebelumya Dekorasi Asmoro juga dipercaya untuk mempersiapkan pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, serta pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati dengan Anwar Usman, Ketua Mahkamah Konstitusi.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang dan Erina:

1. Tonjokan

Prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan dimulai dengan tonjokan. Tonjokan sendiri merupakan tradisi dari Purwosari, Sleman, yang dilakukan dengan mengantarkan makanan ke tetangga sebagai ungkapan rasa syukur.

Tak diketahui tanggal pastinya, tetapi tonjokan akan dilakukan pada hari Rabu di tempat tinggal Erina. Tonjokan digelar atas keinginan dari ibunda Erina, Sofiatun Gudono.

2. Pengajian

Setelah melangsungkan tonjokan, keluarga Erina Gudono akan menggelar pengajian. Prosesi ini akan dihadiri oleh keluarga besar, kerabat, dan tetangga dari calon mempelai putri.

Hingga saat ini, masih belum diketahui detail acara pengajian tersebut. Akan tetapi, acara ini direncanakan digelar pada hari Kamis atau sehari setelah tonjokan.

3.Siraman dan Malam Midodareni

Lalu di hari Jumat pagi, Erina Gudono akan melangsungkan siraman. Prosesi siraman akan dihadiri oleh GKR Hemas atau istri Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Kemudian di malam hari, midodareni akan digelar dan didatangi oleh Presiden Jokowi. Midodareni sendiri adalah tradisi Jawa berupa upacara malam terakhir masa lajang bagi calon pengantin.

4. Akad Nikah

Tepat pada hari Sabtu di bulan Desember 2022, akad nikah akan digelar di pendopo agung hotel Ambarrukmo Yogyakarta.

Meskipun belum diketahui tamu undangan yang akan hadir, tetapi akad nikah akan digelar dengan 100 undangan saja.

5. Resepsi

Seusai Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi menjadi pasangan suami istri secara agama dan hukum negara, maka resepsi pernikahan akan digelar.

Resepsi ini tidak diadakan di Yogyakarta, tetapi di Solo yang merupakan kampung halaman mempelai pria. Pihak keluarga Erina membocorkan bahwa resepsi akan berlangsung sangat meriah. Tak ada batasan untuk tamu undangan yang hadir di acara tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini