Share

Jaga Eksistensi Band, Ifan Seventeen Rilis 3 Single Baru Lewat NFT

Ravie Wardani, MNC Portal · Minggu 13 November 2022 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 12 205 2706267 jaga-eksistensi-band-ifan-seventeen-rilis-3-single-baru-lewat-nft-7b11M3rHxM.jpg Ifan Seventeen (Foto: Instagram)

JAKARTA - Ifan Seventeen menjadi satu-satunya personil grup band Seventeen yang selamat dalam bencana tsunami Banten pada 22 Desember 2018 lalu. Walau harus bersolo karir lantaran ditinggal rekan-rekannya, pemilik nama asli Riefian Fajarsyah ini mengaku akan terus berkomitmen untuk melanjutkan eksistensi grup band yang dibentuk pada 1999 silam.

Untuk itu, suami dari Citra Monica ini merilis tiga buah single terbaru dalam bentuk NFT (non-fungible token). Ifan mengaku telah berjanji untuk meneruskan langkah Seventeen dengan selalu mengeluarkan karya baru bagi pecinta musik Tanah Air.

"Intinya gue dikasih hidup percuma kalau tidak melakukan hal yang bermanfaat buat orang,โ€ ujar Ifan Seventeen saat ditemui awak media di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

โ€œMemang ada tragedi besar, industri musik mengingatkan gue, yang membuka hidup gue musik. Gue merasa banyak musisi yang susah, gue dikasih hidup gue mau melakukan apa buat orang lain," lanjutnya.

Ifan Seventeen

Ifan diketahui merilis tiga single baru melalui platformnya sendiri, yakni KunciPlay. Bahkan salah satu dari tiga lagu tersebut ia ciptakan sendiri dan selalu berusaha untuk disajikannya ketika diminta untuk tampil dalam acara musik off air.

"Di KunciPlay gue ada tiga lagu, baru. Lagu gue sendiri, lagu Ariel Nidji yang gue nyanyiin dan lagu David NOAH gue juga yang nyanyiin jadi ada 3 lagu baru. Baru rilis," bebernya.

"Masih (manggung off air) masih. Masih bawain lagu baru, dengan konsep baru," tambahnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Ifan sendiri mengaku sama sekali tak merasakan apapun saat disinggung soal royalti musik. Oleh karenanya, ia memilih untuk membangun KunciPlay sebagai wadah para musisi berkarya, sekaligus memperbaiki sistem soal transparansi royalti.

"Entahlah. Karena sampai mana gue ngeluh, ya banyak kok yang teriak soal royalti diluar sana. Tapi gue enggak mencium adanya perubahan yang signifikan, ada sih tapi kecil sekali," jelasnya.

"Daripada gua protes mana royalti gua, mending gua create sebuah sistem," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini