Share

5 Film tentang Pembunuhan yang Diangkat dari Kisah Nyata

Annastasya Rizqa, MNC Portal · Rabu 02 November 2022 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 02 206 2699461 5-film-tentang-pembunuhan-yang-diangkat-dari-kisah-nyata-Lb6A4SoWoZ.jpg Film Zodiac (Foto: Ist)

JAKARTA - Tragedi pembunuhan tentu menjadi momok menakutkan bagi semua orang. Kejahatan tersebut nyatanya masih sering terjadi baik di dalam maupun luar negeri.

Khususnya di sepanjang tahun 2022 ini. Sejumlah kasus pembunuhan kembali ramai diberitakan. Di antaranya kasus pembunuhan Brigadir J yang didalangi Irjen Ferdy Sambo, pembunuhan bocah perempuan di Cimahi, hingga pembunuhan yang dilakukan mantan pendeta, Christian Rudolf Tobing.

Deretan kasus pembunuhan itu tentu menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan menjadi momok menakutkan untuk masyarakat. Publik pun berharap ada keadilan untuk para korban yang meregang nyawa di tangan mereka.

Sementara itu, kasus pembunuhan sering kali menjadi sorotan para pegiat film. Sejumlah industri hiburan mencoba mengangkat kisah pembunuhan ke sebuah film yang berdasarkan kejadian nyata.

Berikut Okezone merangkum deretan film bertema pembunuhan yang diangkat dari kisah nyata.

1. Zodiac

 Film Zodiac

Film pembunuhan pertama yang diangkat dari kisah nyata ialah Zodiac. Film ini mengangkat kisah pembunuhan berantai di tahun 1960-1970-an.

Film ini sukses dibintangi sejumlah aktor ternama Hollywood seperti Jake Gyllenhaal, Mark Ruffalo hingga Robert Downey Jr.

Film Zodiac sukses digarap oleh sutradara David Fincher. Film ini menceritakan tentang seorang kartunis, Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal) yang bekerja di San Francisco Chronicle.

Robert merasa penasaran pada sebuah kasus pembunuhan yang dilakukan oleh kelompok Zodiac. Hingga akhirnya ia bertemu reporter bernama Paul (Robert Downey Jr) untuk mengungkap pembunuhan tersebut.

2. The Frozen Ground

 The Frozen Ground

The Frozen Ground adalah film thriller yang didasarkan pada pembunuh berantai kehidupan nyata Robert Hansen yang berprofesi sebagai tukang roti. Hansen menculik, melakukan pelecehan seksual, dan membunuh 17 wanita di dan sekitar Anchorage, Alaska, antara tahun 1971 dan 1983.

Dalam film tersebut, Hansen diperankan oleh John Cusack. Jack Halcombe (Nicolas Cage) adalah Polisi Negara Bagian Alaska yang mencoba mengakhiri teror Hansen.

Hal itu ia lakukan setelah dirinya menyadari banyaknya wanita yang hilang di daerah itu dan memutuskan untuk menyelidikinya.

Follow Berita Okezone di Google News

3. The Texas Killing Fields

 The Texas Killing Fields

Selanjutnya ada film The Texas Killing Fields. Film ini juga menceritakan tentang pembunuhan yang diangkat dari kisah nyata.

The Texas Killing Fields menceritakan Souder, seorang detektif pembunuhan di sebuah kota kecil di Texas yang tengah menyelidiki seorang pembunuh berantai sadis yang terjadi di Texas, Amerika Serikat.

Sadisnya, pembunuh itu akan membuang potongan tubuh korbannya ke sebuah rawa yang diberi nama The Killing Fields.

Tak lama, si pembunuh mengubah permainan dan mulai memburu para detektif. Film ini pun semakin memberikan ketegangan untuk para penonton.

4. Monster

 Film Monster

Film bertema pembunuhan yang diangkat dari kisah nyata ini rilis perdana pada tahun 2003. Monster, sebuah film kriminal biografis yang ditulis dan disutradarai oleh Patty Jenkins,

Film ini menceritakan kisah Aileen Wuornos seorang pelacur yang diadili karena membantai tujuh pria, yang dia layani sebagai klien, antara tahun 1989 dan 1990. Film ini mengisahkan bawah Wuornos adalah salah satu pembunuh berantai wanita paling buruk dalam sejarah kejahatan.

5. My Friend Dahmer

 My Friends Dahmer

Satu lagi film tentang pembunuhan yang diangkat dari kisah nyata ialah My Friend Dahmer. Film ini mengisahkan seorang pembunuh berantai di Amerika yang begitu terkenal, Jeffrey Dahmer.

Film ini mengisahkan aksi Dahmer yang membunuh 17 pria gay di apartemennya. Tak hanya dibunuh, para korban juga dimutilasi dan dagingnya dimasak oleh Dahmer.

Kejadian pembunuhan itu nyata adanya dan terjadi pada kurun waktu 1970-an hingga 1991. Dahmer pun akhirnya ditahan usai salah satu korbannya berhasil kabur dan melaporkan Dahmer ke polisi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini