Share

Cerita Asri Welas Tentang Buah Hatinya yang Idap Katarak Kongenital

Vania Ika Aldida, Okezone · Senin 17 Oktober 2022 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 17 33 2688362 cerita-asri-welas-tentang-buah-hatinya-yang-idap-katarak-kongenital-Uqcgf5QYzh.jpg Asri Welas (Foto: Instagram)

ARTIS peran sekaligus presenter, Asri Welas, merupakan salah satu orang tua yang memiliki anak dengan katarak kongenital. Anaknya yang kedua, Rayyan Gibran Ridha Rahardja alias Ibran diketahui sempat mengidap katarak kongenital saat usianya baru menginjak tiga bulan.

Katarak kongenital yang diidap putranya tersebut, baru diketahui oleh artis 43 tahun ini saat Ibran tak merespon adanya gerakan di depan matanya. Hal itu jelas membuat Asri Welas dan suami sedih. Apalagi saat itu ia tidak mendapatkan cukup banyak informasi terkait katarak kongenital yang diidap sang anak.

"Masih terbayang dengan jelas saat saya dan suami menduga kondisi kelainan mata pada Ibran anak kedua kami. Saat itu Ibran masih berusia tiga bulan, dan kami menemukan Ibran tidak merespon gerakan yang ada di depan matanya," kenang Asri Welas.

"Yang membuat kami sangat sedih, saat itu tidak ada informasi apapun tentang katarak kongenital pada anak yang bisa saya dapatkan," sambungnya.

Beberapa langkah untuk mengobati katarak kongenital yang diidap Iban jelas langsung dilakukan oleh Asri Welas kala itu. Bahkan Iban yang belum genap berusia 1 tahun sampai harus menjalani dua kali operasi di 2017 sebagai upaya penyembuhan katarak kongenital.

Asri Welas dan putranya

Setelah menjalani operasi bedah terkait mata Iban yang diselimuti lapisan putih, putra Asri Welas langsung menjalani rehabilitasi visual. Sebab, jika tidak melakukan rehabilitasi visual dengan segera, hal itu tentunya akan mempengaruhi tumbuh kembang Iban ke depannya.

Beruntung, Optik Tunggal kala itu mau membantu permasalahan Asri Welas dengan memberikan sepasang kacamata untuk putranya dan juga 90 anak lain yang memiliki permasalahan yang sama. Mengingat, harga untuk satu buah kacamata yang akan digunakan oleh Iban menjalani rehabilitasi visual bisa dikatakan tidak murah, lantaran mencapai Rp 10 juta.

"Tuhan mempertemukan saya dengan Bapak Alex dari Optik Tunggal, yang tanpa banyak persyaratan lalu mengupayakan sepasang kacamata untuk Ibran. Saya sangat bersyukur dan semakin bersyukur karena dari pertemuan kami Optik Tunggal menyediakan 90 pasang kacamata untuk anak-anak lain seperti Ibran," paparnya.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

Di tahun ini, Optik Tunggal kembali mengumumkan donasinya berupa pemberian 2025 pasang kacamata untuk anak-anak penderita katarak kongenital yang berasal dari keluarga pra-sejahtera. Meski memberikan donasi secara cuma-cuma, perusahaan layanan optik ini bekerjasama dengan perusahaan lensa ternama di dunia yakni ZEISS.

Pemberian 2025 pasang kacamata ini merupakan lanjutan dari pemberian 90 pasang kacamata di 2019 lalu.

"Saat mengetahui betapa sulitnya mendapatkan kacamata khusus untuk anak-anak yang menderita katarak kongenital ini, kami memutuskan untuk memberikan bantuan khususnya bagi anak-anak dari keluarga pra-sejahtera." ungkap Alexander Kurniawan selaku CEO Optik Tunggal.

"Kami langsung menghubungi mitra kami salah satu pembuat lensa terbaik di dunia, ZEISS di Jerman, untuk membuatkan lensa khusus bagi anak-anak penderita katarak kongenital," sambungnya.

Untuk bisa mendapatkan kacamata khusus, masyarakat dapat langsung menghubungi Optik Tunggal melalui chat Whatsapp di nomor 08118755192 dan email di optiktunggalpeduli@optiktunggal.com.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini