Share

Alami Gangguan Pendengaran, IU: Semua Terasa Berisik

Fidila Anjani, Okezone · Rabu 21 September 2022 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 33 2672036 alami-gangguan-pendengaran-iu-semua-terasa-berisik-cwGOHPEZCB.jpg IU alami gangguan pendengaran. (Foto: Instagram/@dlwlrma)

SEOUL - Penyanyi IU mengalami gangguan pendengaran selama setahun terakhir. Kondisi itu, diakui aktris Hotel Del Luna tersebut, membuat dia khawatir saat harus bernyanyi di atas panggung.

“Ada sedikit masalah dengan pendengaranku. Jadi jujur, aku sedikit gugup mempersiapkan konser ini,” ujarnya saat tampil di konser solonya bertajuk ‘The Golden Hour’, di Stadion Olimpiade Jamsil, Seoul, pada 18 September silam.

IU di konser The Golden Hour di Stadion Olimpiade Jamsil, Seoul, pada 18 September 2022. (Foto: Instagram/@dlwlrma)

BACA JUGA: Lee Joon Gi dan IU Reuni di Konser The Golden Hour

IU menambahkan, “Jadi telingaku seperti terbuka sendiri, rasanya seperti saat kau sedang menguap. Efeknya, kalau aku sedang bernyanyi, semuanya terasa terlalu berisik.”

Mengutip Koreaboo, Rabu (21/9/2022), pemilik nama asli Lee Ji Eun ini didiagnosa mengidap disfungsi katup saluran Eustachius. Kondisi ini menyebabkan pasien tidak nyaman dengan suara di sekitarnya yang terdengar terlalu kencang.

Mengutip Hopkins Medicine, kondisi ini merupakan kelainan pada katup tabung Eustachius yang terus membuka sehingga suara mengalir dari rongga hidung-sinus ke telinga. Akibatnya, pasien mendengar suara, bahkan bunyi napasnya sendiri sangat keras.

BACA JUGA: Nana Pamer Tubuh Penuh Tato, Dipuji Seksi oleh Fans

Disfungsi katup saluran Eustachius ini bisa membuat si pasien kehilangan berat badan, penyakit neuromuskular atau imunologis kronis, alergi hidung kronis, dan riwayat penyakit asam lambung.

IU di konser The Golden Hour di Stadion Olimpiade Jamsil, Seoul, pada 18 September 2022. (Foto: Instagram/@dlwlrma)

IU dalam sebuah wawancara mengatakan, dia mengalami kondisi itu setelah mengidap gangguan kecemasan. “Ketika aku cemas akan ada tekanan lebih besar saat aku bernyanyi. Jadi telingaku akan terbuka dengan mudah,” katanya.

Meski kondisi itu sangat mengganggu, IU sukses menyelesaikan konsernya dengan baik dan memanjakan para penggemarnya dengan sederet tembang populernya.*

BACA JUGA: Bantah Selingkuh, Adam Levine Akui Genit dan Kelewat Batas

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini