Share

Pertanyakan Konsep Ketuhanan, Gitaris John Paul Ivan Mantap Jadi Mualaf

Siska Maria Eviline, Okezone · Kamis 18 Agustus 2022 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 33 2650071 pertanyakan-konsep-ketuhanan-gitaris-john-paul-ivan-mantap-jadi-mualaf-pfqvJbi3Vu.jpg John Paul Ivan mualaf. (Foto: Instagram/@i_am_john_paul_ivan)

JAKARTA - John Paul Ivan, gitaris sekaligus founder band rock Boomerang mengungkapkan perjalanan spiritualnya hingga memutuskan menjadi mualaf. Dia mengungkapkan, perkenalannya dengan Islam bermula pada awal 2000-an. 

Saat itu, dia mengaku, merasakan kegelisahan tentang apa itu agama. “Saya tak mau mentah-mentah menerima agama yang diwariskan dari orangtua,” ujarnya saat menjadi bintang tamu program Inspirasi Jalanan di salah satu TV swasta, pada 2018. 

John Paul Ivan mualaf. (Foto: Instagram/@i_am_john_paul_ivan)

Untuk mencari tahu tentang agama, musisi 51 tahun tersebut mencoba mendalami Kekristenan, agama yang dianutnya kala itu. Namun sebagai pembanding, dia juga mempelajari Alquran dan mengkaji buku-buku agama Islam. 

John Paul Ivan mengungkapkan, salah satu hal yang sangat menggelitik hatinya kala itu adalah tentang konsep ketuhanan. Dia akhirnya menemukan konsep tersebut dalam agama Islam yang mengajarkan bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang esa. 

Setelah mantap dengan ajaran itu, sang musisi kemudian datang ke Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, pada 2006. Di sana, dia kemudian mengucapkan dua kalimat syahadat dan resmi menjadi seorang muslim.

BACA JUGA: Mimpi Kakbah, Istri Rizal Armada Mantap Bersyahadat

BACA JUGA: Jelang Tamat, Rating Extraordinary Attorney Woo Turun Tipis

Penolakan Keluarga

John Paul Ivan tak menampik keputusannya memeluk agama Islam sempat mendapat penolakan dari keluarganya kala itu. Reaksi yang dinilainya wajar dari sebuah keluarga. Namun penolakan itu tak membuatnya gusar.

John Paul Ivan mualaf. (Foto: Instagram/@i_am_john_paul_ivan)

“Penolakan itu hal lumrah. Saya hanya bisa menjelaskan bahwa keputusan menjadi mualaf adalah pilihan hati saya. Jadi, saya berharap mereka bisa menerimanya sambil saya tetap menjalani agama saya,” tuturnya. 

Seiring berjalannya waktu, John Paul Ivan bisa membuktikan kepada keluarganya bahwa pilihannya untuk memeluk agama Islam tak perlu diperdebatkan. “Pada akhirnya kan semua ok,” imbuhnya.*

BACA JUGA: Amanda Manopo Punya Pacar, Sang Kakak Beri Bocoran: Satu Iman

BACA JUGA: Foto Kencan Kang Seung Yoon WINNER Viral, YG Buka Suara

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini