Share

Ingin Tinggal di Jepang? Diera Nathania Bagikan 6 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Berangkat!

MNC Media, Jurnalis · Rabu 10 Agustus 2022 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 33 2645657 ingin-tinggal-di-jepang-diera-nathania-bagikan-6-hal-yang-perlu-kamu-tahu-sebelum-berangkat-leGZRFyT8q.jpg Diera Nathania. (Foto: YouTube/Diera Nathania)

JAKARTA - YouTuber Diera Nathania membagikan enam hal yang perlu diketahui jika Anda ingin tinggal di Jepang. Pertama, keberadaan okaeshi alias budaya balas budi yang melekat dengan masyarakat Jepang.

Dia memberikan contoh saat memberikan sayuran hasil panen kepada tetangganya. Sebagai balas, sang tetangga kemudian menghadiadi dirinya makanan hingga tas rajut. "Senang banget dikasih sama mereka. Tapi ini membuat aku berpikir ulang jika mau ngasih sesuatu ke orang Jepang," katanya.

Ternyata, Diera khawatir jika maksudnya memberikan sesuatu disalahartikan dan dianggap mengharapkan imbalan dari si penerima. "Khawatir kalau aku dinilai mengharapkan okaeshi dari mereka. Gitu loh," imbuhnya.

Kedua, peraturan dilarang membakar sampah di manapun. Dia mengungkapkan, pernah ada orang Jepang yang melanggar aturan tersebut dan dihampiri helikopter pemadam kebakaran yang sedang terbang. Orang itu kemudian diteriaki oleh petugas, “Jangan bakar sampah di situ!”

Ketiga, kebijakan Pemerintah Jepang yang memberikan subsidi sebesar JPY450.000 atau setara Rp48 juta bagi rakyatnya yang melahirkan seorang anak. Bahkan, perempuan hamil berhak mendapatkan cuti kerja selama 1 tahun dengan gaji penuh setiap bulannya. 

Kebijakan itu merupakan solusi dari rendahnya angka kelahiran di Jepang. Namun sayangnya, masyarakat di Negeri Sakura itu tak terlalu menyambut positif kebijakan itu dan tetao enggan memiliki keturunan.

BACA JUGA: Suami Pamer Kebun di Jepang, Diera Nathania Dibikin Ngakak dan Rindu

Baca Juga: Pos Indonesia Pekenalkan ULBI, Kampus Logistik Pertama di Indonesia

Keempat, cerita seorang petani melon yang sangat sukses karena hasil melonnya yang lezat. Saking suksesnya, banyak petani-petani lain yang iri hingga meracuni kebun si petani sukses. Hal itu membuat dia tidak bisa menghasilkan melon lagi untuk selamanya.

Kelima, banyaknya fasilitas negara Jepang yang dapat dinikmati secara gratis oleh seluruh penduduk Jepang, salah satunya City Library. Di sana, penduduk Jepang bisa meminjam buku secara gratis. Dilengkapi juga dengan buku umum, buku anak, hingga DVD edukatif yang bisa diputar di area menonton DVD dalam perpustakaan. 

Keenam, menjadi petani di Jepang sangat menghasilkan. Diera mengaku, mendapat upah sebesar JYP20.000 atau setara Rp2,6 juta hanya dengan membantu petani Jepang menanam bibit tanaman. Selain gaji, dia juga menerima makan siang, camilan, makan malam, hingga minuman kemasan.

Bagi Anda yang penasaran dengan cerita sang YouTuber dapat menonton videonya di channel YouTube Diera Nathania.*

BACA JUGA: Tok, Nathalie Holscher dan Sule Resmi Bercerai

BACA JUGA: Resmi Cerai, Nathalie Holscher Dapat 2 Mobil dan Rumah dari Sule

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini