Share

Perankan Sarinah Pengasuh Soekarno, Marissa Anita Ungkap Tantangannya

Lintang Tribuana, Okezone · Sabtu 23 Juli 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 23 206 2634846 perankan-sarinah-pengasuh-soekarno-marissa-anita-ungkap-tantangannya-uRL1ENU20J.jpeg Marissa Anita. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Marissa Anita didapuk memerankan sosok Sarinah, pengasuh Kusno (Presiden Soekarno di masa kecil) dalam film pendek Mbok dan Bung. Ketertarikannya memerankan Sarinah lantaran kurangnya pengetahuan dia tentang sosok perempuan itu.

"Menarik sekali karena kita tahu, terutama orang Jakarta selalu lihat Sarinah, sedikit mendengar sosoknya, tapi enggak tahu sosoknya seperti apa," kata Marissa di peluncuran perdana film Mbok dan Bung di Djakarta Theater XXI, dikutip Sabtu (23/7/2022).

BACA JUGA:Menang Piala Citra, Marissa Anita: Kaget, Enggak Nyangka

 BACA JUGA:Marissa Anita: Belajar Penulisan Cerita dari Industri Film Australia

Marissa Anita

Guna mendalami peran Sarinah, tentunya sang artis harus melakukan serangkaian riset tentang sosoknya. Ia pun mengaku berkolaborasi dengan semua tim, terutama Nindy Raras, sang sutradara.

"Kami memutuskan berkolaborasi dan prosesnya sangat menyenangkan. Karena riset kita lakukan berkolaborasi," kata Marissa.

Bukan hal mudah untuk mengumpulkan fakta tentang seseorang yang hidup di kisaran tahun 1900-an. Namun, dirinya dan seluruh tim mendiskusikan berbagai fakta tentang Sarinah untuk mempermudahnya berakting. 

"Ingat di Jogja, di situ ada Nindy, line producer, asisten sutradara, sinematografi, kita membicarakan Sarinah seperti apa zaman dulu. Semua fakta kita kumpulkan," ujar istri Andrew Trigg.

"Saya riset, Nindy juga. Usia Mbok Sarinah dulu berapa. Ada yang bilang gadis, ada yang bilang paruh baya. Hubungan dengan Kusno seperti apa, apakah jauh seperti Mbok atau seperti kakak," sambungnya.

Film Pendek Mbok dan Bung merupakan bagian dari rangkaian transformasi Sarinah pasca pemugaran. Sarinah bersama Rekata Studio, merilis film pendek yang terinspirasi dari kisah Bung Karno dan Sarinah.

Berdurasi 15 menit, film Mbok dan Bung, bercerita tentang Sarinah pengasuh Kusno (panggilan Bung Karno di masa kecil) yang mengajarkan cinta kasih pada sesama manusia. Nilai-nilai itu membawa pengaruh kuat pada Kusno hingga tumbuh menjadi seorang humanis sebagai dasar perjuangannya membangun Indonesia.

Peluncuran perdana film ini dihadiri oleh Marissa Anita (pemeran Sarinah), Kenichi Virendra (pemeran Kusno), Menteri BUMN Erick Thohir, serta putra Presiden Soekarno, Guruh Sukarnoputra. Film pendek ini bisa disaksikan secara melalui akun YouTube Resmi Sarinah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini