Share

Cerita Kadir Srimulat di Masa Sulit, Jual Rumah demi Pengobatan

Syifa Fauziah, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 23:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 33 2620622 cerita-kadir-srimulat-di-masa-sulit-jual-rumah-demi-pengobatan-tHFRIaaUlU.jpg Kadir Srimulat (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kadir Srimulat mengatakan kalau pelawak dan seniman itu pasti ada masanya. Dia merasakan betul, kini pekerjaan di dunia hiburan sudah tidak sebanyak dulu.

“Alhamdulillah (masih perform) tapi penghasilan tinggal 20 persen dari penghasilan dulu. Kita enggak bisa beli mobil baru lagi, kredit pun enggak bisa. Tapi cukup untuk keluarga,” ujar Kadir saat dikutip dari YouTube Deddy Corbuzier, Rabu (29/6/2022).

Kadir Srimulat

Kadir menceritakan pernah mengalami masa-masa sulit di awal 2000-an. Kala itu jobnya sedang sepi, sehingga dia harus menjual tiga rumah miliknya. Tahun 2001, dirinya mengalami penyumbatan pembuluh darah dan harus pasang ring. Namun dia tidak berani karena teman satu kamarnya mengatakan kalau usai pemasangan ring akan kambuh lagi.

“Itu udah di ruang operasi saya batalin. Saat itu saya lagi syuting stripping, baru 12 episode nggak kuat. Lima tahun cari alternatif dan enggak kerja. Akhirnya jual rumah satu, kok habis (uang) enggak sampe setahun. Mobil kreditan saya mau ditarik, akhirnya jual lagi satu,” tuturnya.

“Akhirnya tahun 2005-2006, tanah saya di Tambun saya jual dan saya langsung ke Rumah Sakit Harapan Kita untuk pasang ring. Untung masih ada yang bisa dijual, kalau enggak mau apa kita,” tuturnya.

Kadir juga mengungkapkan dirinya pernah menjual ruko di daerah Pondok Kelapa untuk membeli ruko di tempat lain. Namun uang tersebut tidak cukup dan justru malah terpakai uangnya.

“Duit makin surut harga ruko yang mau saya beli makin naik. Akhirnya saya jual ruko yang di Tambun dan kebeli ruko yang saya mau, Jadi harus jual dua ruko dulu baru kebeli satu ruko,” jelasnya.

Lebih lanjut Kadir mengatakan setelah masa penyembuhan penyakit jantung, dia memulai bisnis tahun 2008.

“Kalau saya enggak usaha, abis juga (uang). Akhirnya dia membuka usaha soto Kudus. Saya mulai cari orang yang masak untuk ajarin istri saya. Sampai sekarang masih jualan dan Alhamdulillah bisa mencukupi keluarga. Kalaupun saya enggak kerja sebulan, istri saya bilang, enggak perlu khawatir,” kelakarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini