Share

5 Fakta Dewi Lestari Pindah Agama, Jalani Ritual dan Dapat Nama Baru

Adelline Tri Putri Marcelline, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 33 2613350 5-fakta-dewi-lestari-pindah-agama-jalani-ritual-dan-dapat-nama-baru-K4iAcZ2799.jpeg Dewi Lestari. (Foto: Instagram @deelestari)

JAKARTA - Dewi Lestari sempat menjadi perbincangan publik usai memutuskan pindah agama dari Kristen ke Buddha. Keputusan itu ia akui melalui perjalanan spiritual yang panjang.

Penyanyi sekaligus penulis buku ini berbagi kisahnya tersebut dalam kanal YouTube Daniel Mananta beberapa waktu lalu. Berikut 5 fakta Dewi Lestari pindah agama.

Dewi Lestari

1. Sempat Tak Punya Agama

Perempuan 46 tahun tersebut sempat mengatakan tak memilih agama manapun. Sebab menurutnya tak perlu ada medium yang menghubungkan antara dirinya dan Tuhan. 

"Sehingga lama-lama gue bingung 'gue ngapain kalau gitu ya' berarti ketika gue mendengarkan orang berkhotbah bahwa ada medium antara lo dan Tuhan. Tapi ketika kita bisa (ngomong) langsung kehadiran medium ini menjadi relevan, dan itu yang membuat gue akhirnya merasa 'mendingan gue kosong dulu deh'," lanjutnya dikutip pada Jumat (17/6/2022).

2. Besar dari Keluarga Beragama Kristen

Perempuan yang akrab disapa Dee Lestari ini besar dari keluarga Kristen Protestan yang taat. Ibunya yang memiliki jabatan tinggi di gereja bahkan selalu mendidik dia untuk hadir beribadah ke gereja setiap hari Minggu. Meski begitu ia malah kesal dengan rutinitas tersebut karena ingin istirahat.

“Karena dulu kan kita sekolah sampai Sabtu kan? Minggu tuh cuma satu-satunya kesempatan gue libur, bertahun-tahun gue selalu tanya kaya ‘Why, gue harus sekolah Minggu?” ucapnya.

3. Menghormati Keberadaan Tuhan dengan Meditasi

Saat memutuskan untuk tak memeluk agama manapun, mantan istri Marcel Siahaan tersebut merasa ada yang hilang dalam hidupnya, yaitu kebutuhan untuk memiliki sebuah ritual. Saat itu, untuk menghormati keberadaan Tuhan, ia memilih untuk melakukan meditasi dan yoga. Ia kemudian mencari ajaran agama yang paling dekat dengan hal tersebut. 

"Somehow, gue merasa sangat tertarik dengan seni meditasi itu sendiri dan, dari lima agama yang ada, gue merasa yang paling sering gue temui berbicara tentang meditasi atau mendalami meditasi adalah Buddhism," ucapnya.

4. Niat untuk Memeluk Agama Buddha

Sebelum resmi beragama Buddha, ia mengalami pengalaman menarik saat mengunjungi vihara di Lembang, Bandung. Saat itu ia menyampaikan niatnya untuk memeluk agama Buddha kepada salah satu biksu.

"Terus dia melihat gue 'Mau jadi Buddhis? Saya rasa kamu pikir-pikir dulu aja deh. Nggak usah kok jadi Buddhis. Direnungkan saja dulu, kalau mantap datang lagi',” tuturnya.

Alih-alih kecewa mendengar jawaban tersebut, ia justru merasa tertantang. Dia pun makin yakin kepada niatnya.

“Gue bayangin itu kejadian di tempat lain 'wah mari-mari, lo bisa bawa teman-teman lo enggak?'. Wah ini engggak butuh umat nih, suka gue, gue jadi tertantang," sambung dia.

5. Jalani Ritual dan Dapat Nama Baru

Setelah melalui suatu prosesi yang bernama upasaka upasika, perempuan yang memiliki nama asli Dewi Lestari Simangunsong ini akhirnya resmi memeluk agama Buddha. Selain itu dia juga mendapat nama baru.

"Kemudian gue dapat nama Siri Candhani sebagai nama Buddhis gue. Ya, sudah, sejak itu gue jalani dan akhirnya, kayak anak gue sekarang, ketika dia masuk sekolah, ya, sudah, jadi Buddhis,” kata istri Reza Gunawan ini.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini