Share

Joko Anwar Ungkap Biaya Produksi Pengabdi Setan 2

Lintang Tribuana, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2022 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 206 2613407 joko-anwar-ungkap-biaya-produksi-pengabdi-setan-2-cmQuGlmOsq.jpg Joko Anwar (Foto: MPI)

JAKARTA - Sutradara Joko Anwar bersiap menayangkan film Pengabdi Setan 2: Communion pada Agustus 2022. Saat disinggung mengenai biaya yang digelontorkan untuk produksi, ia mengatakan sekuel ini lebih banyak memakan biaya dari film pertamanya.

Tetapi hal itu juga dipengaruhi dari lamanya waktu syuting. Di mana di film kedua ini, Joko dan seluruh tim lebih banyak menghabiskan waktu dibandingkan saat syuting film pertama.

Pengabdi Setan 2

"Budget nya lebih besar. Tapi kalo yang pertama itu perbandingannya syutingnya 17 hari, kalau yang ini 35 hari," ujar Joko Anwar, ditemui di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan.

Sayangnya, Joko tak membeberkan secara rinci berapa nominal yang dihabiskan. Hal paling utama yang ditekankan sang sutradara adalah membuat karya terbaik untuk disajikan kepada penikmat film Tanah Air.

Joko menerangkan tantangan tersulitnya dalam menggarap film horor ini. Ia menginginkan Pengabdi Setan 2 mampu merepresentasikan point of view atau sudut pandang penonton lewat konsistensi kamera.

"Jadi pilihan lensanya harus membuat mereka, aku, kamu, ada disitu," kata pria asal Medan, Sumatera Utara ini.

"Konsistensi itu yang sulit karena kita harus pergi dari satu level tingkat lainnya dan itu harus konsisten sehingga kita banyak menciptakan alat-alat baru yang memang enggak ada dijual gitu," lanjutnya.

Dalam konferensi pers, dia juga sempat menyampaikan bahwa film ini menggunakan teknologi CGI (Computer Generated Imagery) atau pencitraan hasil komputer dalam banyak adegannya dengan kesan yang natural.

Joko menggabungkan adegan asli dengan teknik komputer. Salah satunya adalah menambahkan bangunan rumah susun yang menjadi latar di film ini.

"Kami pakai gabungan CGI. Rusunnya tinggi banget, ada 10 lantai, kami tambah jadi 14 lantai dengan CGI," ujar Joko.

Pengabdi Setan 2: Communion dijadwalkan tayang di bioskop Tanah Air pada 4 Agustus 2022. Dibintangi oleh sejumlah bintang ternama seperti Tara Basro, Endy Arfian, Bront Palarae, Ratu Felisha, dan banyak lagi.

Film horor ini merupakan sekuel dari Pengabdi Setan yang rilis pada tahun 2017. Dimana film tersebut adalah hasil pembuatan ulang (remake) dari film berjudul sama pada tahun 1980, yang disutradarai Sisworo Gautama Putra.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini