Share

Kenangan Pahit Anji di Penjara, Bikin Kapok Pakai Ganja di Indonesia

Syifa Fauziah, Jurnalis · Minggu 12 Juni 2022 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 12 33 2610249 kenangan-pahit-anji-di-penjara-bikin-kapok-pakai-ganja-di-indonesia-bagWt4cWDC.jpg Anji (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tepat setahun lalu, Erdian Aji Prihartanto atau yang dikenal dengan sapaan Anji diamankan polisi di rumahnya, kawasan Cibubur, Jakarta Timur karena kepemilikan barang haram narkotika jenis ganja.

Setelah melalui berbagai agenda sidang, Anji telah terbukti bersalah dan harus menjalani vonis hukuman 4 bulan rehabilitasi di RSKO Cibubur, Jakarta Timur.

Anji

Mengenang tragedi penangkapannya setahun lalu, Anji pun mengunggah potret dirinya saat menggunakan baju tahanan. Dalam keterangan foto itu, Anji menjelaskan alasan dirinya menggunakan ganja.

“Tepat setahun lalu saya ditangkap karena Ganja. Jika ditanya, kenapa pake Ganja, Nji?Jawabannya adalah karena bermanfaat. Silakan search di Google tentang manfaatnya,” tulisnya seperti dikutip MNC Portal dari Instagram @duniamanji, Minggu (12/6/2022).

Anji juga menyampaikan kalau dirinya tidak akan memakai ganja lagi marena kapok dipenjara dan direhabilitasi.

“Saya kapok dipenjara dan direhab. Keadaan dan tekanannya gak enak. MENURUT SAYA, penjara dan rehab tidak membuat seseorang kapok karena esensi atau ajaran di dalamnya, tapi karena keadaannya yang menyedihkan dan menakutkan. Ada yang perlu dibenahi dari sistem rehab di Indonesia. Saya akan bicara tentang ini lain kali,” tuturnya lagi.

Dalam unggahannya itu, Anji juga memberikan fakta-fakta terkait regulasi penggunaan ganja di beberapa negara. Dan Enji menegaskan bahwa dirinya sudah berhenti menggunakan ganja di Indonesia. Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan ganja di Indonesia.

“Saya sudah berhenti memakai Ganja di Indonesia. Saya juga menghimbau teman-teman jangan lagi memakai Ganja di Indonesia. Karena hukumnya masih melarang. Percayalah, kehidupan penjara dan rehab sangat tidak enak,” tambahnya lagi.

Anji pun berharap pemerintah Indonesia segera melegalkan ganja.

“Semoga Indonesia segera melegalkan Ganja untuk kesehatan atau medis dan semoga Ganja tidak lagi masuk golongan 1 dalam UU Narkotika. Salam. Anji Manji, 44 tahun, Mantan pemakai Ganja,” tutup Anji.

Namun sayangnya, suami dari Wina Natalia itu membatasi kolom komentar netizen. Para netizen itu kebanyakan mendukung apa yang Anji suarakan.

“Mantap berani berbicara,” kata soniaxxx.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini