Share

Simu Liu Kritik Bahasa Mandarin di Serial Moon Knight

Andaru Danurdana, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 206 2595577 simu-liu-kritik-bahasa-mandarin-di-serial-moon-knight-l44WqAVlDD.jpg Simu Liu sebagai Shang-chi (Foto: Marvel)

JAKARTA – Serial Moon Knight kini disebut sebagai salah satu proyek terbaik keluaran Marvel Studios. Namun, menurut aktor Simu Liu, serial ini punya sebuah kekurangan; adegan bahasa Mandarin yang terdengar janggal.

Tayang sejak akhir Maret hingga awal Mei, Moon Knight adalah sebuah serial pendek tentang seorang lelaki pengidap kepribadian ganda bernama Steven Grant yang dirasuki dewa Mesir bernama Khonshu. Sebagai abdi dari dewa kuno, Steven punya misi untuk menghentikan kebangkitan sosok dewi jahat.


Simu Liu

Dalam salah satu episode Moon Knight, tepatnya di episode ke-dua, terdapat sebuah adegan dimana Arthur Harrow sang antagonis berbicara bahasa Mandarin. Namun, menurut Simu Liu sang bintang film Shang-Chi, bahasa Mandarin yang diucapkan Arthur terdengar sangat kacau dan menyinggung.

“Penerjemah di serial Moon Knight seharusnya jangan kerja sebagai penerjemah deh. Bahasa Mandarin memang susah; jadi sebaiknya jangan nekat menggunakan bahasa yang tidak dikuasai dan akhirnya terdengar seperti gumaman asal,” ucapnya dilansir dari ScreenRant, Selasa (17/5/2022).

Namun, tambah Simu, Ia juga tak bisa menyalahkan Marvel Studios sepenuhnya atas kesalahan bahasa ini. Sang aktor pun mengungkap bahwa Marvel, meski sering dipandang sebagai entitas bisnis besar, juga punya beberapa sisi yang kurang dirawat dan diperhatikan.

“Ada kesalahpahaman bahwa Marvel adalah perusahaan kaya dengan sumber daya tak terbatas. Padahal beberapa bagian juga harus tambal sana-sini; makanya ada seorang bukan-penerjemah yang mungkin terpilih jadi penerjemah sementara” imbuhnya.

Meski bahasa Mandarin di episode kedua Moon Knight meninggalkan rasa masam bagi beberapa penggemar, untungnya adegan tersebut tak begitu panjang dan kini sudah mulai dilupakan para penonton. Lagipula, dengan aksi yang menakjubkan dan juga cerita yang apik, bukankah lebih baik berfokus pada aspek-aspek positif dari serial ini?

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini