Share

Tri Suaka dan Zinidin Zidan Diduga Bajak Lagu, Disomasi dan Digugat Miliaran

Lintang Tribuana, Jurnalis · Rabu 27 April 2022 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 33 2586259 tri-suaka-dan-zinidin-zidan-diduga-bajak-lagu-disomasi-dan-digugat-miliaran-AOYVZqm2Ri.jpg Tri Suaka dan Zinidin Zidan. (Foto: Instagram)

TRI Suaka dan Zinidin Zidan diduga melakukan pembajakan lagu-lagu yang mereka cover. Mereka disomasi dan dituntut uang royalti miliaran. 

Ketua Advokasi FORKAMI (Forum Komunikasi Artis Minangkabau Indonesia) Arianto menyebut, somasi sudah dilayangkan ke manajemen Tri Suaka dan Zinidin Zidan atas penggunaan lagu-lagu yang mereka cover tanpa izin dan diunggah ke media sosial. Dari somasi pertama, pihak dua musisi itu hanya meminta maaf.

 BACA JUGA:Tri Suaka dan Zinidin Zidan Diduga Melakukan Pembajakan Lagu

Sehingga, FORKAMI mewakili sekira 10 pencipta lagu yang karyanya pernah dibawakan dan diunggah oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan, kembali melayangkan somasi untuk memperjuangkan hak berupa royalti Rp1 miliar per unggahan lagu.

 tri suaka

"Somasi kedua adalah lanjutan dari isi somasi pertama tapi poinnya berbeda. Karena permintaan maaf kita sudah terima, tetapi untuk Rp1 miliar per lagu itu belum dibalas, itu bukan denda, tapi itu hak pencipta lagu," kata Arianto di kawasan Palmerah, Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2022).

"Bahwa di dalam UU Hak Cipta dijelaskan, ini Undang-Undang yang bicara, setiap pencipta mempunyai royalti di sana, apabila si pemakai lagu tidak meminta izin, kami berhak meminta seluruh keuntungan ekonomis yang dia dapat," lanjutnya.

Arianto membeberkan perincian terkait permintaan royalti senilai Rp1 miliar per unggahan lagu. Nominal tersebut sudah dikalkulasi dari segi jumlah penonton, hingga honor yang didapatkan Tri Suaka dan Zinidin Zidan dari manggung.

"Dasarnya hitungan viewers. Kedua, hitungan endorse, ketiga hitungan mereka diundang dari perusahaan-perusahaan. Itu hitungannya," kata Arianto.

Salah satu pencipta lagu yang ikut memperjuangkan royaltinya ini adalah Erwin Agam. Memberi kuasa kepada FORKAMI, ke depannya, diharapkan agar Tri Suaka dan Zinidin Zidan bisa lebih menghargai para pencipta lagu dalam berkarya.

"Dan (berharap) mereka untuk ke depannya lebih menghargai pencipta lagu dengan cara dia memegang lisensi atau bekerja sama," kata Arianto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini