Share

Niki Zefanya Tampil di Festival Terbesar Dunia, Apa Itu Coachella 2022?

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Senin 18 April 2022 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 33 2580982 niki-zefanya-tampil-di-festival-terbesar-dunia-apa-itu-coachella-2022-sbi0Q7xjkL.jpg Niki Zefanya (Foto: Instagram)

PENYANYI asal Indonesia, Niki Zefanya, menjadi perbincangan usai dirinya tampil di atas panggung Coachella 2022. Ia bahkan tercatat merupakan musisi perempuan pertama dari Indonesia yang berhasil tampil di Coachella sejak diselenggarakan pada tahun 1999.

Coachella sendiri merupakan sebuah festival seni tahunan yang diadakan di Empire Polo Club, California, Amerika Serikat. Festival ini didirikan oleh Paul Tollett dan Rick Van Santen.

Dalam festival Coachella, para seniman musik dari berbagai genre ditampilkan. Termasuk Niki Zefanya dan Rich Brian yang menjadi salah satu pengisi acara dalam festival tersebut.  

Berikut, Okezone merangkum tentang apa itu Coachella?

Coachella 2022

1. Sejarah Coachella

Festival ini berawal dari perselisihan antara Pearl Jam dengan Ticketmaster pada 1993. Kala itu, Paul Tollett yang menginisiasi konser tersebut diharuskan untuk memilih lokasi alternatif untuk menggelar tur album dari Pearl Jam.

Singkat cerita, dipilihlah Empire Polo Club, California, Amerika Serikat sebagai lokasi konser. Ia bahkan dibuat kagum dengan ribuan orang yang rela melakukan perjalanan demi menyaksikan band kesayangan mereka.

Berdirinya Coachella juga tidak lepas dari kerusuhan Woodstock yang terjadi pada 1999 dan memakan banyak korban jiwa. Lokasinya yang jauh dari kota, membuat Festival Coachella yang diadakan pertama kali pada Oktober 1999 selama dua hari itu sukses dan mendapatkan reputasi baik.

2. Siapa yang tampil di Coachella?

Berbeda dengan festival musik lainnya, Coachella justru menampilkan musisi serta seniman yang tidak populer di media. Bahkan Coachella disebut merupakan surga bagi para seniman indie.

Kendati demikian, para seniman yang kini sudah memiliki nama besar juga diizinkan tampil dalam acara tersebut. Sebut saja Harry Styles, Billie Eilish, The Weeknd, dan masih banyak lagi.

3. Kapan Coachella 2022 diadakan?

Coachella sempat vakum digelar pada masa pandemi, yakni pada 2020-2021.

Kendati demikian, Coachella 2022 kembali diadakan dan berlangsung tiga hari berturut-turut dari Jumat sampai Minggu, selama dua pekan. Mulai dari pukul 11 siang hingga tengah malam.

Untuk tahun 2022, Festival Coachella digelar pada 15-22 April dan juga 22-24 April di Empire Polo Club.

4. Mengapa Coachella populer?

Coachella bisa disebut sebagai salah satu festival paling besar di dunia. Lokasinya yang jauh, nyatanya tidak menyurutkan niat orang-orang untuk menyaksikan secara langsung musisi atau seniman idola mereka.

Tercatat ada lebih dari 125 ribu orang yang hadir dalam Festival Coachella di 2019.

5. Harga Tiket

Para penonton disebut tidak bisa membeli tiket secara langsung. Mereka diminta untuk mendaftarkan diri sejak jauh-jauh hari, yakni sekitar 6-7 bulan sebelum festival tersebut digelar.

Untuk harga tiket, dimulai dari 449 dolar untuk kelas 1, kelas 2 seharga 474 dolar, kelas 3 seharga 499 dolar, kelas 5 seharga 549 dolar, dan VIP dijual mulai dari 929 dolar hingga 1.119 dollar.

Kendati demikian, bagi yang tidak kebagian tiket bisa untuk menonton festival tersebut dari YouTube Coachella.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini