Share

5 Fakta Angel Lelga Mualaf: Peran Rhoma Irama hingga Ditentang Keluarga

Feby Tiara Sopian, Jurnalis · Senin 11 April 2022 01:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 33 2576604 5-fakta-angel-lelga-mualaf-peran-rhoma-irama-hingga-ditentang-keluarga-vgkKhdKqeK.jpg Fakta Angel Lelga mualaf. (Foto: Instagram/@angellelga)

JAKARTA - Fakta Angel Lelga mualaf menjadi salah satu topik hangat di balik perjalanan hidup sang aktris. Terlahir dari keluarga non-muslim, dia mengaku, perjalanan mengenal Islam bermula dari pertemuannya dengan Rhoma Irama. 

Pernikahan mereka kemudian menjadi jalan bagi Angel mengenal agama Islam dan menekuninya hingga kini. Berikut adalah lima fakta di balik keputusan Angel Lelga memutuskan menjadi mualaf seperti dikutip dari ESGE Entertainment

1.Peran Rhoma Irama

Angel Lelga tak menampik, keputusannya memeluk agama Islam sangat dipengaruhi oleh Rhoma Irama, pria yang menikahinya pada 2003. Bahkan si Raja Dangdut itulah yang memualafkan dirinya. 

“Bagi saya, awal menjadi mualaf itu tidak mudah. Saya masih sangat muda saat itu dan 1-2 tahun pertama begitu berat. Saya sering bertanya apakah keputusan ini karena terbawa perasaan atau memang ini yang saya inginkan,” tuturnya. 

Fakta Angel Lelga mualaf. (Foto: Instagram/@angellelga)

Fakta Angel Lelga mualaf. (Foto: Instagram/@angellelga)

Angel Lelga kemudian memutuskan untuk mempelajari Islam lebih tekun lagi setelah menjadi mualaf. Dalam proses belajar tersebut, Rhoma Irama menjadi guru sekaligus tempatnya berdiskusi. 

Hingga akhirnya, perempuan berdarah Manado itu menyadari bahwa Islam adalah agama tertepat untuknya. “Saya tidak bisa menggambarkan seperti apa hidayah itu. Mungkin saja, pernikahan saya dengan Bang Haji adalah bagian dari hidayah itu.”

2.Ditentang Keluarga

Keputusan Angel Lelga memeluk agama Islam ternyata begitu ditentang oleh keluarganya, terutama kedua orangtuanya. Hal itu bahkan sempat membuat hubungannya dengan keluarga memburuk. 

“Di keluarga saya itu yang mualaf ya cuma saya sendiri. Selama ini, saya menjalankan puasa dan Lebaran sendiri tanpa keluarga. Jadi, hanya bisa ibadah dan merayakan Lebaran sama anak saja,” tuturnya. 

Fakta Angel Lelga mualaf. (Foto: Instagram/@angellelga)

Namun Angel sangat bersyukur, selama 2 tahun terakhir keluarganya mulai membuka diri dan menerima keputusannya menjadi mualaf. Dia juga mengaku, tak ada lagi pembahasan seputar perbedaan agama dengan keluarganya. 

“Dengan mereka tidak banyak bertanya tentang agama saya, itu sudah merupakan bentuk toleransi. Fase tidak diakui dan tak diterima karena berbeda agama sudah saya lewati,” katanya lagi.

3.Proses Belajar

Selama 15 tahun menjadi mualaf, Angel Lelga mengaku, masih terus belajar. Sebagai seorang mualaf, dia mengaku, tantangan terberat adalah menjadi istiqomah dengan iman yang telah dipilihnya.

“Karena itu, saya berusaha menjaga keimanan dengan menjalankan yang paling mudah dulu deh. Salat 5 waktu. Aku berusaha untuk tidak meninggalkan salat karena harus bisa juga menjadi teladan untuk anak saya,” tuturnya.

Fakta Angel Lelga mualaf. (Foto: Instagram/@angellelga)

Fakta Angel Lelga mualaf. (Foto: Instagram/@angellelga)

4.Perubahan Hidup

Angel Lelga mengakui, banyak perubahan yang dirasakannya setelah memutuskan memeluk agama Islam. Salah satu yang paling terasa adalah dia lebih memahami tujuan hidupnya. 

Sebagai mualaf, dia kini memahami dan melakukan sesuatu di jalan Allah. Dia terus belajar untuk menerapkan hal baik yang dibacanya di dalam Alquran. “Saya yakin, Islam adalah agama terbaik. Saya akan jalankan semua ini dengan baik. IshaAllah.”

5.Doa untuk Keluarga

Setelah 15 tahun menjadi mualaf, kini mantan istri Vicky Prasetyo tersebut berharap saudara dan ibunya juga bisa memeluk agama Islam. Meski pandangan manusiawi keinginan itu terasa berat, namun Angel yakin dengan kuasa dan waktu Tuhan. 

Fakta Angel Lelga mualaf. (Foto: Instagram/@angellelga)

Fakta Angel Lelga mualaf. (Foto: Instagram/@angellelga)

“Dari awal menjadi mualaf, saya berharap keluarga bisa mendapat hidayah. Sehingga saya bisa berkumpul dengan mereka saat Ramadan dan Lebaran, selayaknya keluarga muslim lainnya,” ujar Angel Lelga.*

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini