Share

Peran Buya Hamka di Balik Proses Mualaf George Rudy

Kevi Laras, MNC Portal · Senin 04 April 2022 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 33 2572603 peran-buya-hamka-di-balik-proses-mualaf-george-rudy-uJLHBSOiXA.jpg Perjalanan George Rudy menjadi mualaf. (Foto: YouTube/George Rudy Official)

JAKARTA - Aktor laga George Rudy menuturkan peran Buya Hamka dalam prosesnya menjadi seorang mualaf. Dia mengaku, ulama sekaligus sastrawan kondang itu adalah orang yang membimbingnya mengucap dua kalimat syahadat. 

“Saya menjadi mualaf dibimbing Buya Hamka di Masjid Al Azhar, pada Maret 1981. Setelah prosesi syahadat, beliau peluk dan cium saya,” ujarnya dikutip dari channel YouTube George Rudy Official, Senin (4/4/2022). 

George Rudy. (Foto: YouTube/George Rudy Official)

Tak hanya merasa disambut dengan hangat, pria berdarah Tionghoa ini juga mendapat pesan dan ‘hadiah’ khusus dari Buya Hamka. Hadiah yang dimaksud George adalah nama ‘Al Abdul Hadi’ yang diberikan sang ulama. 

“Beliau bilang, al hadi berarti yang diberi petunjuk oleh Allah. Alhamdulillah, sampai sekarang, nama saya George Rudy Al Abdul Hadi. Sebagai muslim baru, beliau berpesan agar saya membaca surah Al Ikhlas,” katanya. 

Perjalanan George mengenal Islam tidak terjadi secara instan. Semua bermula ketika dia syuting film Balada Dua Jagoan, pada 1977. Dalam salah satu adegan, sutradara Fritz G. Schadt memintanya melakoni adegan salat. 

George Rudy. (Foto: YouTube/George Rudy Official)

Untuk pertama kali, suami Inneke Indra itu merasa tersentuh dengan agama Islam. Sekitar 3 tahun kemudian, Tuhan kembali menyapanya ketika melihat orang berwudhu. "Ternyata untuk bertemu Tuhan, kita tidak hanya harus siap secara hati, tapi juga bersih jasmani,” ujar George Rudy.*

BACA JUGA:

Pengalaman Spiritual Nathalie Holscher, Dibisiki Syahadat hingga Putuskan Mualaf

Mahmud Goals, Angel Karamoy Seperti Kakak Adik dengan sang Putri

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini