Share

Terpikat Pohon Natal, Yati Surachman Mantap Pindah Agama

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Minggu 20 Februari 2022 09:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 20 33 2550075 terpikat-pohon-natal-yati-surachman-mantap-pindah-agama-Dd06QT98UV.jpg Yati Surachman. (Foto: SILET/RCTI)

JAKARTA - Aktris senior Yati Surachman memutuskan pindah agama dari Islam menjadi Kristen, ketika usianya masih sangat belia, 12 tahun. Lahir dari keluarga muslim, dia mengaku, terpanggil menjadi seorang Kristiani karena alasan sederhana.

Bukan karena ajakan orang lain, keinginan memeluk agama Kristen menurut dia muncul setelah melihat sebuah pohon Natal di rumah tetangganya. Dia mengaku takjub dengan kilau cahaya pada pohon Natal tersebut. 

Yati Surachman. (Foto: SILET/RCTI)

“Saat itu, saya merasa pohon Natal itu sangat indah. Rasanya, tenang hatiku melihat pohon itu. Sederhana sekali. Saya juga enggak tahu panggilan tersebut kala itu,” ujarnya dikutip dari channel YouTube Miracle of Life, Minggu (20/2/2022). 

Beberapa waktu berlalu, Yati mengungkapkan, ada sebuah pohon belimbing yang tak kunjung berbuah di halaman rumahnya. Hingga suatu hari, sang ayah menyelipkan lampu kelap-kelip pada pohon tersebut. 

“Pulang kerja, ayah saya bawa lampu dan ditaruh di pohon itu. Beliau bilang, biar kayak tante sebelah. Ajaibnya, setelah Natal selesai pohon itu berbuah,” ungkap aktris 64 tahun tersebut.

BACA JUGA: Mertua Minta Aurel Hermansyah Melahirkan Normal, Atta Halilintar: Yang Penting, Anak Sehat 

Yati Surachman kemudian merenung keajaiban yang terjadi pada pohon belimbing milik keluarganya tersebut. Ia tak habis pikir bagaimana pohon itu bisa langsung berbuah setelah ‘disulap’ menjadi pohon natal. 

“Saya bertanya dalam hati, ‘Pohon Natal ini ada apanya ya? Ini kan bukan pohon cemara, tapi kok jadi berbuah terus tak mengenal musim. Ada apa?” tuturnya lagi. 

Yati Surachman. (Foto: SILET/RCTI)

Pengalaman itu terus mengusiknya hingga suatu hari, Yati meminta kepada tetangganya itu untuk diajak ke gereja. Dari sana, dia kemudian belajar agama Kristen, hingga akhirnya mantan untuk dibaptis. 

Meski telah dibaptis, namun Yati Surachman yang masih remaja itu masih belum berani mengungkapkan pilihannya kepada keluarga. Dia memutuskan untuk menyembunyikan fakta perpindahan agamanya itu cukup lama.* Melati Pratiwi

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini