Share

Polisikan Ustadz Khalid Basalamah, Sandy Tumiwa: Saya Merasa Sakit Hati

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 33 2547728 polisikan-ustadz-khalid-basalamah-sandy-tumiwa-saya-merasa-sakit-hati-9rrRDMuaW7.jpg Sandy Tumiwa (Foto: Melati/MPI)

JAKARTA - Sandy Tumiwa menyambangi Bareskrim Mabes Polri guna melaporkan Ustadz Khalid Basalamah. Bukan tanpa alasan, Sandy menilai Khalid Basalamah telah menghina kebudayaan Indonesia.

Artis yang mengaku seorang budayawan ini tak terima atas apa yang dilontarkan oleh Khalid Basalamah dalam salah satu ceramahnya.

Sandy Tumiwa

"Saya sebagai seorang artis, seniman, dan budayawan merasa sakit hati, ini orang dengan gampangnya memusnahkan satu profesi yang biasa mereka lakukan, dimana kebaikannya" ujar Sandy Tumiwa saat ditemui di Mabes Polri, Selasa (15/2/22).

Menurut Sandy, tak masalah jika Khalid hendak berceramah mengenai budaya Indonesia, hanya saja pendakwah kondang itu dinilai harus menghargai kearifan lokal setempat. Lebih lanjut Shandy mengatakan bukan hanya dirinya yang merasa sakit hati, tetapi juga para budayawan maupun seniman lain.

"Mereka juga sudah panas, juga bahkan bisa dibilang sakit hati, kalau orang sakit hati itu sudah susah, apalagi ini menyangkut profesi beliau, mereka juga mendapatkan rezeki dari situ untuk keluarganya, dan dia seenaknya bilang harus dimusnahin" kata Sandy.

Ya, ceramah yang dipermasalahkan Sandy adalah ketika Ustadz Khalid Basalamah memberikan pernyataan untuk memusnahkan atribut pewayangan. Bagi Sandy, hal ini tak bisa diberikan toleransi.

Di sisi lain, Ustadz Khalid Basalamah sebenarnya telah meminta maaf atas atas tindakan yang dinilai Sandy menodai budaya. Namun Sandy t ingin proses hukum terus berlanjut.

"Ini semua harus diselesaikan secara hukum karena tindakan orang ini sudah berkali-kali melakukan hal itu. Melakukan statement minta maaf, melakukan statement lagi minta maaf. Jadi harus hari ini kita dapat efek jera" ujar Sandy.

Sejauh ini laporan dari Sandy Tumiwa yang dialamatkan pada Khalid Basalamah atas penodaan budaya dan ujaran kebencian belum diterima. Kedatangan Sandy ke Bareskrim Mabes Polri diketahui masih sebatas konsultasi.

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini