Share

3 Rekomendasi Komnas PA Terkait Hak Perwalian Gala Sky

Ajeng Putri Yuwono, Jurnalis · Sabtu 08 Januari 2022 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 08 33 2529303 3-rekomendasi-komnas-pa-terkait-hak-perwalian-gala-sky-6ugXlH72kN.jpg Arist Merdeka Sirait, Ketua Komnas PA. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait, akhirnya menyambangi kediaman Haji Faisal untuk melihat langsung perkembangan Gala Sky. Hal itu merupakan tindak lanjut dari laporan Doddy Sudrajat, pada 24 Desember silam. 

Arist mengaku, sudah berinteraksi dan melihat langsung kondisi Gala. Dari pertemuan itu, dia mewakili Komnas PA menyampaikan tiga poin utama terkait rekomendasi hak perwalian bocah 17 bulan tersebut. 

Pertama, Komnas PA tidak menemukan adanya tindak eksploitasi terhadap Gala Sky. Putra semata wayang pasangan Vanessa Angel dan Bibu Andriansyah itu berada dalam kondisi baik, secara fisik maupun mental. 

"Berdasarkan pengalaman kami, untuk anak seusia dia biasanya canggung atau menangis saat dikelilingi banyak orang. Tapi Gala justru bercengkrama. Dia bahagia dan tak mengalami kekerasan seperti yang dikhawatirkan," ujarnya. 

Kedua, Gala Sky tak perlu menjalani tes DNA karena hal itu merupakan bentuk kekerasan pada anak. "Enggak perlu, kasihan anak ini. Kenapa harus dicari lagi asal-usulnya? Itu hanya akan menyakiti hati anak!” kata pria berdarah Batak itu menambahkan.

Baca juga: Keberatan Gala Sky Diasuh Haji Faisal, Doddy Sudrajat Lapor Komnas PA  

Ketiga, Komnas PA merekomendasikan agar Gala Sky tumbuh di lingkungan yang membuat dia bahagia dan nyaman. Hal itu, menurut Arist Merdeka Sirait, sangat berguna untuk tumbuh kembangnya di masa depan. 

“Di mana Gala enjoy, di sana dia berada. Mari kita dukung untuk tumbuh kembangnya di masa depan. Pak Doddy dan Pak Faisal harus mendukung ini,” lanjutnya. 

Doddy Sudrajat saat bertemu Komnas PA, pada 24 Desember 2021. (Foto: Lintang/MNC Portal Indonesia)

Komnas PA juga meminta salah satu pihak untuk tidak membuat permasalahan tersebut bergerak semakin liar dan merugikan anak di masa depan. Karena itu, perlu adanya pembicaraan secara kekeluargaan antara keluarga Doddy Sudrajat dan Haji Faisal. 

Permasalahan ini bermula ketika Doddy Sudrajat melaporkan keluarga Haji Faisal ke Komnas PA, pada 24 Desember 2021. Dia menduga ada tindak eksploitasi terhadap anak yang menimpa cucunya dan menyatakan keberatan Gala Sky diasuh keluarga Haji Faisal.*

Baca juga: Gaga Muhammad Tak Bantu Pengobatan Laura Anna, Erika Carlina: Dia Punya Penghasilan Kok

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini