Kaleidoskop 2021: Ketika Squid Game dan Hellbound Mendominasi Pasar Global

Ajeng Putri Yuwono, Jurnalis · Minggu 02 Januari 2022 22:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 02 206 2526404 kaleidoskop-2021-ketika-squid-game-dan-hellbound-mendominasi-pasar-global-rd0zxnqYmu.jpg Squid Game dan Hellbound. (Foto: Netflix)

JAKARTA - Pada 2019, film Parasite arahan Bong Joon Ho mencatatkan sejarah baru dalam industri perfilman Korea, setelah memenangkan Piala Oscar untuk Best Picture. Setahun kemudian, giliran Minari yang berjaya di Hollywood. 

Aktris veteran Korea, Yuh Jung Youn berhasil membawa pulang Piala Oscar untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik. Dari layar lebar, sineas Korea kemudian menjajaki pasar over-the-top (OTT) yang melahirkan drama Squid Game. 

Squid Game. (Foto: Netflix)

Setelah 10 tahun dipendam karena tak ada investor yang tertarik dengan plotnya yang dinilai ‚Äėgila‚Äô, Netflix akhirnya menggaet Hwang Dong Hyuk untuk menggarap Squid Game. Dia menggaet aktor ternama Korea, Lee Jung Jae untuk menjadi pemeran utama serial itu.

Hasilnya, Squid Game tercatat menjadi program TV yang paling banyak ditonton di Netflix dengan 111 juta penonton dalam 17 hari setelah dirilis. Drama itu juga ditonton lebih dari 1,65 miliar jam dalam 28 hari setelah debut. 

Popularitas global drama yang juga dibintangi Park Hae Soo itu bahkan membuat Netflix tertarik untuk menggarap dua sekuel lainnya. Kesuksesan itu dilanjutkan Hellbound yang juga tayang di platform yang sama. 

Baca juga: Hwang Dong Hyuk Bakal Garap Dua Musim Squid Game Lainnya

Drama yang dibintangi Yoo Ah In itu bahkan berhasil menggeser rekor Squid Game sebagai program TV yang paling banyak ditonton sepanjang 2021. Drama itu ditonton lebih dari 43 juta jam, sepekan setelah dirilis. 

Hellbound. (Foto: Netflix)

Kemudahan akses tampaknya menjadi salah satu alasan yang membuat Squid Game dan Hellbound menuai popularitas di berbagai negara. Mafhum, Netflix mendubbing drama itu ke 34 bahasa dan menyediakan subtitles dalam 37 bahasa. 

Hal lain yang membuat drama/film Korea populer di pasar global adalah alur ceritanya yang dinilai realistis dan sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Lalu, proyek Korea apalagi yang akan meraih popularitas global pada 2022? Mari kita nantikan bersama.*

Baca juga: Sunan Kalijaga dan Pendeta Gilbert Lumoindong Bertemu, Salmafina: Tuhan Mendengar

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini