Share

Fakta-fakta Kasus Dokter Richard Lee yang Ditahan karena Dugaan Akses Ilegal

Tim Okezone, Okezone · Selasa 28 Desember 2021 09:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 33 2523600 fakta-fakta-kasus-dokter-richard-lee-yang-ditahan-karena-dugaan-akses-ilegal-zqkRyECBhr.jpg Dokter Richard Lee (Foto: YouTube)

JAKARTA- YouTuber dan dokter, Richard Lee kembali berurusan dengan kasus ilegal akses. Setelah sempat diperiksa dan dibebaskan pada September silam, kini dia harus ditahan lantaran kasus serupa. 

Dia ditahan di Polda Metro Jaya pada Senin, 27 Desember 2021. Kabar tersebut pun dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan. Untuk mengetahui lebih lanjut, beriku fakta-fakta terkait kasus Dokter Richard Lee dirangkum Okezone, Selasa (28/12/2021). 

Richard Lee

BACA JUGA:

Didoakan Rujuk dengan Gading Marten Usai Putus dari Wijin, Ini Kata Gisel

Dokter Richard Lee Terancam 8 Tahun Penjara, Istri Menangis: Tolong Selamatkan Suami Saya

1. Tidak Ada Kaitan dengan Kartika Putri

Zulpan menegaskan kasus Dokter Richard Lee tak ada kaitannya dengan aktris Kartika Putri. Namun tidak diketahui secara pasti apa yang membuat sang dokte akhirnya ditahan. Zulpan hanya menyebutkan kasus suami Reni Effendi itu terkait pencurian data. 

"Kasusnya ini tidak ada kaitan dengan Kartika Putri ya, ini kasus pencurian data. Berkas juga sudah lengkap (P21) sehingga akan segera kita tahap II ke jaksa," jelas Zulpan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

2. Terancam 8 Tahun penjara

Dokter Richard Lee juga diketahui ditetapkan sebagai tersangka. Dia diduga melakukan pelanggaran tindak pidana yang diatur dalam Pasal 30 jo Pasal 46 UU ITE terkait akses ilegal dan/atau Pasal 231 KUHP dan/atau Pasal 221 KUHP tentang menghilangkan barang bukti. Dari pasal tersebut, Richard Lee pun terancam hukuman maksimal 8 tahun penjara.

3. Sang Isri Menangis Meminta Pertolongan

Reni Effendi mengunggah video di akun Instagramnya setelah suaminya resmi ditahan. Dia bahkan meminta pertolongan Presiden Joko Widodo (Widodo) hingga Kaporli terkait kasus suaminya. Dia menilai suaminya tidak bersalah lantaran mengunggah konten di akun miliknya sendiri. 

"Tolong bapak Jokowi, bapak Kapolri, tolong tegakkan hukum ini. Suami saya enggak bersalah. Suami saya disangkakan ke Pasal 30 ayat 1 yang katanya dihukum 8 tahun penjara. Jelas-jelas saya enggak tahu suami saya salah di mana," kata Reni

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini