Keluarga Kaget Idang Rasjidi Ternyata Alami Gagal Ginjal

Ravie Wardani, Jurnalis · Minggu 05 Desember 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 33 2512241 keluarga-kaget-idang-rasjidi-ternyata-alami-gagal-ginjal-rwQGPcJ3VC.jpg Idang Rasjidi (Foto: IG Shadu Rasjidi)

JAKARTA - Almarhum Idang Rasjidi ternyata juga menderita gagal ginjal. Namun sayang, penyakit tersebut terlambat diketahui oleh pihak keluarga.

Shadu Rasjidi selaku putra sulung almarhum Idang mengaku pihak keluarga terlambat mengetahui penyakit gagal ginjal yang diderita sang ayah.

Sebelumnya, Shadu mengaku keluarganya hanya mengira almarhum Idang mengalami gangguan pada organ jantung.

Baca Juga:

Kehilangan Sosok Idang Rasjidi, Indra Lesmana: Selamat Jalan Kakakku dalam Jazz

Wejangan Terakhir Idang Rasjidi untuk Anaknya, Jadi Musisi Disiplin


Idang Rasjidi

Setelah mendapat penanganan medis di Rumah Sakit Azra, Bogor, Jawa Barat, pihak keluarga pun kaget kala mengetahui almarhum Idang juga mengalami gangguan pada ginjalnya.

"Jantungnya ada sesuatu, tapi dokter waktu itu bilang nafasnya bagus, nah yang bikin kita kaget ternyata selama ini dia gagal ginjal juga," ujar Shadu Rasjidi di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (5/12/2021).

Konon, pihak rumah sakit pun ragu dalam melakukan cuci darah terhadap mendiang Idang. Shadu menyebut pihak RS Azra khawatir dengan kondisi jantung sang ayah bila menjalani cuci darah.

Benar saja, kondisi jantung Idang kian melemah. Shadu mengatakan napas sang ayah sempat hilang. Alhasil pihak tenaga medis pun lekas menghubungi keluarganya.

Setibanya di rumah sakit, Shadu mengaku ayahanda tercintanya sudah menggunakan ventilator sebagai alat bantu pernapasan.

"Nah kita mau cuci darah pada saat itu karena ada indikasi jantung, dari Rumah Sakit enggak berani karena takut enggak kuat, akhirnya besoknya kita mau USG jantung," ujarnya lagi.

"Besoknya jam setengah 7 pagi Papa sempet hilang, napasnya berhenti pihak Rumah Sakit telepon ke kami, kami ke Rumah Sakit Azra, kitsa sampai ICU dia udah pake ventilator," imbuhnya.

Sejak itu, pihak keluarga pun rutin mengawal perkembangan kesehatan musisi jazz kelahiran Bogor Jawa Barat ini.

Namun, takdir pun berkata lain, Idang Rasjidi menghembuskan napas terakhirnya pada Sabtu (4/12/2021) kemarin sekitar pukul 23.53 WIB. Meski menderita lebih dari satu penyakit, Shadu mengungkapkan ayah kandungnya meninggal dunia akibat gagal jantung.

"Abis itu kita cek terus, kita rawat beliau akhirnya terakhir gagal jantung, jadi sudah gagal ginjal, gagal jantung juga," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini