Hadirkan Superhero Gay, Eternals Terdepak dari Timur Tengah

Dewi Aspara, Jurnalis · Minggu 07 November 2021 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 07 206 2498130 hadirkan-superhero-gay-eternals-terdepak-dari-timur-tengah-97zyfv1fcb.JPG Eternals tidak akan tayang di Timur Tengah. (Foto: Marvel Studios)

LOS ANGELES - Film terbaru Marvel, Eternals dilaporkan telah ditarik dari bioskop di beberapa negara Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Qatar, dan Kuwait. Pemicunya, karena film itu menghadirkan superhero gay bernama Phastos (Brian Tyree Henry). 

Melansir LA Times, Minggu (5/11/2021), keputusan tak menayangkan film itu di bioskop diambil jelang penayangannya pada 11 November mendatang. Kini, tak ada lagi profile film tersebut di situs resmi jaringan bioskop elCinema di tiga negara tersebut. 

Film Eternals tidak akan tayang di Arab Saudi, Qatar, dan Kuwait. (Foto: Marvel Studios)

Arab Saudi mengoperasikan kembali bioskop sejak 2018, setelah dilarang beroperasi selama 35 tahun. Namun ada aturan sensor yang sangat ketat terkait peredaran film di negara tersebut. Seperti Qatar, homoseksualitas juga hal ilegal di Arab Saudi yang pelakunya dapat dijatuhi hukuman mati. 

Meski begitu, beberapa negara Timur Tengah lainnya seperti Mesir, Lebanon, serta Uni Emirat Arab masih akan menayangkan Eternals. Sementara itu, Singapura menetapkan Eternals sebagai film MCU pertama yang menerima sertifikat M18, tontonan untuk usia 18 tahun ke atas. 

Langkah Arab Saudi, Qatar, dan Kuwait, juga diikuti oleh China. Maka dipastikan pendapatan film Eternals akan tergerus mengingat Negeri Tirai Bambu itu salah satu pasar terbesar di dunia. 

Baca juga: Eternals Hadirkan Dua Post-Credits, Jangan Buru-Buru Keluar Bioskop

Menurut The Hollywood Reporter, Marvel Studios menerima banyak kecaman dan permintaan untuk melakukan penyuntingan serta sensor terjadap film Angelina Jolie itu. Namun, Disney tidak menggubris permintaan tersebut. 

Film Eternals tidak akan tayang di Arab Saudi, Qatar, dan Kuwait. (Foto: Marvel Studios)

Begitu pula dengan Chloe Zhao yang meminta Marvel untuk tidak mengubah apapun dalam filmnya. "Aku tidak tahu detailnya, tetapi aku sudah berdiskusi dengan Marvel dan meminta mereka untuk mengedit film itu," ujar sang sutradara kepada IndieWire

Film Eternals merupakan bagian dari Fase 4 Marvel yang telah memulai debutnya di 14 negara, pada 3 November silam.* 

Baca juga: Rezky Aditya Pernah Selingkuhi Aura Kasih, Bawa Wenny Ariani Masuk Kamar

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini