Elton John hingga Shakira Terseret Kasus Penggelapan Pajak Pandora Papers

Dewi Aspara, Jurnalis · Kamis 07 Oktober 2021 07:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 33 2482493 elton-john-hingga-shakira-terseret-kasus-penggelapan-pajak-pandora-papers-o8j2W8071F.jpg Nama Elton John masuk dalam daftar Pandora Papers. (Foto: Instagram/@eltonjohn)

LOS ANGELES - Penyanyi Elton John, Ringo Starr, hingga Shakira masuk daftar Pandora Papers, dokumen yang membongkar aset tersembunyi, aksi pengemplangan pajak, hingga kasus cuci uang orang-orang kaya dan berkuasa dunia. 

Mengutip Rolling Stone, Kamis (7/10/2021), nama ketiga penyanyi tersebut muncul bersama kaum elit lainnya, seperti Raja Yordania Abdullah II, mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, Claudia Schiffer, penyanyi Julio Iglesias, hingga Pangeran Harry dan Meghan Markle. 

Elton John masuk dalam Pandora Papers.

ICIJ mencatat Elton John serta Pangeran Harry dan Meghan Markle adalah klien dari kantor hukum Tulloch & Co. yang berbasis di London. Mereka diduga telah membantu mengamankan aset orang super kaya di Rusia. 

Sementara menurut The Hollywood Reporter, Shakira, Elton John, Ringo Starr, dan Claudia Schiffer mendirikan perusahaan cangkang offshore di surga pajak: British Virgin Islands, Panama, dan Bahama. 

Meski demikian, dokumen lengkap mengenai transaksi para artis tersebut tidak tersedia secara mendetail. Sehingga tidak ada tuduhan serius mengenai pelanggaran hukum. Apalagi ada alasan sah di balik pembukaan perusahaan cangkang offshore tersebut.

Baca juga: 4 Fakta Pandora Papers, Ungkap Skandal Pajak Pimpinan Dunia hingga Miliarder 

Perwakilan pihak Shakira menegaskan, perusahaan itu dikelola secara terbuka dan transparan. Perusahaan tersebut juga termasuk dalam otoritas pajak Spanyol. 

Nama Shakira tercatat dalam Pandora Paper. (Foto: Instagram/@shakira)

Sementara itu, Rolling Stones melaporkan, Shakira memenangkan kasus dugaan penggelapan pajak pada 4 Oktober silam. Pelantun Waka Waka tersebut, meminta kantor pajak untuk mengembalikan jumlah uang yang telah dibayarkannya. 

Di lain pihak, perwakilan Elton John dan Ringo Starr memilih tidak mengeluarkan komentar apapun terkait perilisan dokumen Pandora Papers tersebut.*

Baca juga: Istri Pindah Agama, Jeremy Thomas Akui Ada Penolakan dari Mertua 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini