Ikuti Jejak George Clooney, Elton Jhon Boikot 9 Hotel Milik Brunei Darussalam

Rena Pangesti, Jurnalis · Senin 01 April 2019 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 01 33 2037700 ikuti-jejak-george-clooney-elton-jhon-boikot-9-hotel-milik-brunei-darussalam-OLm8vGxGE3.jpg Foto: Istimewa

LOS ANGELES – Elton John mengikuti jejak George Clooney untuk memboikot 9 hotel milik negara Brunei Darussalam. Hal itu terkait dengan undang-undang yang dibuat negara tersebut untuk memberlakukan hukuman mati, bagi perzinahan dan pelaku homoseksual yang mulai berlaku pada 3 April 2019.

Melalui sebuah unggahan di Twitter, Elton John memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh rekannya, George Clooney untuk memberikan dukungan terhadap kebebasan hak asasi manusia termasuk kaum homoseksual.

“Saya memuji teman saya, #GeorgeClooney, karena mengambil sikap untuk menentang diskriminasi anti-gay dan kefanatikan yang terjadi di negara #Brunei - tempat di mana orang-orang gay dilecehkan, atau lebih buruk lagi - dengan memboikot hotel-hotel Sultan,” tulis Elton John, Sabtu 30 Maret 2019.

Baca juga: Brunei Darussalam Akan Terapkan Hukuman Rajam hingga Mati untuk LGBT

Elton John kemudian menuliskan deretan hotel mewah yang berada di Inggris (The Dorchester, 45 Park Lane, Coworth Park), Amerika (The Bevery Hills Hotel, Hotel Bel-Air), Perancis (Le Meurice, Hotel Plaza Athenee, Hotel Eden), hingga Italia (Hotel Principe di Savoia) yang merupakan milik kesultanan Brunei. Pria 72 tahun ini kemudian mengajak followersnya untuk tidak lagi menginap di 9 hotel tersebut.

“Kami harap kalian bisa bergabung dalam solidaritas ini, bahwa perlakuan (diskriminasi) seperti itu tidak bisa diterima,” imbuhnya.

Sebelumnya, George Clooney menjelaskan alasannya untuk memboikot deretan hotel tersebut. Menurut bintang Ocean’s Eleven ini, setiap pengunjung yang menginap turut memberikan dukungan kepada pelaku cambuk yang menghukum orang-orang gay tersebut.

Baca juga: Elton John Turut Persembahkan Penampilan Perpisahan pada Mac Miller

“Mari kita perjelas, setiap kali seseorang tinggal atau mengadakan pertemuan di salah satu dari sembilan hotel ini, kita memasukkan uang langsung ke kantong orang-orang yang memilih untuk melempar batu dan mencambuk warga negara mereka sendiri karena gay atau dituduh zina,” ujar Clooney seperti dilansir dari The Guardian.

Sayang, salah satu hotel mewah di London, The Dorchester enggan untuk memberikan klarifikasi terhadap ulasan Clooney ini terhadap hotel milik kesultana Brunei.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini