Share

Penyebab Deddy Corbuzier Kritis Usai Terinfeksi Covid-19 Meski Jalani Gaya Hidup Sehat

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 22 Agustus 2021 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 22 33 2459343 penyebab-deddy-corbuzier-kritis-usai-terinfeksi-covid-19-meski-jalani-gaya-hidup-sehat-uwMyUuyYe6.jpg Deddy Corbuzier (Foto: IG Deddy Corbuzier)

JAKARTA - Deddy Corbuzier terkenal dengan gaya hidupnya yang sehat. Selama dua minggu menghilang, Deddy sempat terpapar Covid-19.

Meski tidak mengalami gejala apapun, namun Mentalist sekaligus YouTuber bertubuh kekar tersebut justru tumbang akibat badai sitokin. Deddy bahkan menyebut dirinya sempat kritis dan hampir meninggal dunia.

Baca Juga:

Deddy Corbuzier Sakit Parah, Ivan Gunawan: Perasaan Gue Enggak Enak Mulu

Deddy Corbuzier Sempat Alami Demam Tinggi Usai Nekat Bikin Konten YouTube

Deddy Corbuzier


“Saya sakit. Kritis, hampir meninggal karena badai Cytokine, lucu nya dengan keadaan sudah negatif. Yes it's covid. Tanpa gejala apapun tiba tiba saya masuk ke dalam badai Cytokine dengan keadaan paru paru rusak 60% dalam dua hari,” kata Deddy dikutip dari postingan Instagramnya, Minggu (22/8/2021).

Terpapar Covid-19 dan mengalami kondisi kritis, sempat membuat Deddy kecewa dengan gaya hidup sehat yang dijalaninya selama ini. Namun, salah satu dokter yang menanganinya, dr Gunawan, mengatakan bahwa gaya hidupnya itulah yang menyelamatkan Deddy Corbuzier melewati masa kritis.

“Menurut saya pribadi, Anda olahraga, Anda gaya hidup sehat sampai saat ini, itulah yang menyelamatkan Anda dan membuat recovery Anda lebih cepat dari orang lain,” kata dr Gunawan di kanal YouTube Deddy Corbuzier, Minggu (22/8/2021).

Namun, terlepas itu semua, dr Gunawan sepakat bahwa gaya hidup sehat yang dijalani mantan suami Kalina Ocktaranny itu justru bisa membantu tubuh Deddy melawan infeksi Covid-19. “Ya, membantu sekali (pola hidup sehat Deddy),” ujarnya.

Di lain sisi, dia menjelaskan mengapa orang yang gaya hidupnya sehat bisa mengalami masa kritis di rumah sakit saat terpapar Covid-19.

“In theory, harusnya orang yang sehat tidak terjadi apa-apa (jika terkena Covid-19), harusnya. Tetapi ada beberapa teori yang bilang bahwa orang yang sehat terkadang respons imunnya berlebihan,” jelas dr Gunawan.

“Jadi, sel darah putih akan mengenali virusnya dan (virusnya itu) dia makan. Waktu dia makan, akhirnya virus itu sulit dibunuh, jadi dia bunuh diri, sel darah putihnya. Waktu dia bunuh diri, dia pecah, mengeluarkan zat-zat peradangan, itulah yang membuat peradangan berlebihan kalau respon imunnya berlebihan,” papar dia lagi.

Dia juga menjelaskan, bahwa kemungkinan ada trigger yang merangsang terjadinya peradangan di tubuh Deddy Corbuzier. “Mungkin, pada saat minggu kedua, ada sesuatu hal yang men-trigger peradangan lebih tinggi. Bisa obat-obatan, atau apapun yang Anda konsumsi yang bisa men-trigger,” kata dr Gunawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini