Dokter Gunawan Ungkap Deddy Corbuzier Bisa Meninggal Dunia Bila Hal Ini Terjadi

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 22 Agustus 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 22 33 2459295 dokter-gunawan-ungkap-deddy-corbuzier-bisa-meninggal-dunia-bila-hal-ini-terjadi-FYsRmbLE6Q.jpg dr Gunawan di Podcast Deddy Corbuzier (Foto: Podcast Deddy Corbuzier)

JAKARTA - Dokter Spesialis Penyakit Dalam berbasis di Jakarta dr Gunawan, SpPD menjelaskan kondisi Deddy Corbuzier saat terkena cytokine storm atau badai sitokin. Dia mengatakan, sang Mentalist sekaligus YouTuber itu bisa meninggal dunia jika penanganannya terlambat.

Hal itu dia ungkapkan langsung di hadapan Deddy Corbuzier saat menjadi bintang tamu dalam podcast-nya. Penjelasan itu, dia kemukakan untuk menjawab rasa penasaran Deddy.

Baca Juga:

Deddy Corbuzier Bikin Podcast Usai Rehat, Netizen: Welcome Back Master

Deddy Corbuzier Penyintas Covid-19, Tya Ariestya: Alhamdulillah Sudah Sehat Kembali

Deddy Corbuzier

“Pada saat itu, artinya saya bisa mati?” tanya Deddy kepada dokter yang menanganinya saat dirawat di RS Medistra. “Bisa,” jawab dr Gunawan singkat, seperti dikutip dari kanal YouTube Deddy Corbuzier, Minggu (22/8/2021).

Mendengar jawaban itu, Deddy sempat tercekat hingga mengambil botol minum yang ada di dekatnya. “Saya bisa mati pada saat itu?” tanyanya lagi dengan nada sedikit syok.

Dr Gunawan lalu menjelaskan bahwa kemungkinan buruk itu bisa terjadi apabila penanganan terlambat dan peradangan dalam tubuh Deddy semakin meluas.

“Jadi kalau kita terlambat artinya peradangannya berjalan terus, paru-paru Anda rusaknya bertambah banyak. Terus terang, itu akan mempengaruhi kapasitas oksigen ke badan anda,” jelas dr Gunawan.

Dia melanjutkan, peradangan luas tersebut nantinya akan meninggalkan bekas di paru-paru. “Sehingga paru-paru tidak bisa mengembang dengan baik, oksigennya enggak sampai. Orang hidup kan perlu oksigen, perlu makan, oksigen nomor satu, kalau enggak ada oksigen kita mati. Itu yang terjadi pada pasien Covid-19,” terangnya.

Dia mengimbau juga kepada pasien Covid-19 agar berhati-hati jika ada demam lagi di minggu ke-dua setelah terinfeksi.

“Begitu ada demam, ini ada kemungkinan nanti akan ada cytokine storm, terutama demam yang muncul pada minggu ke-dua. Karena minggu pertama itu respon badannya masih appropriate, masih baik-baik aja, begitu minggu ke-dua ada demam hati-hati. Kemungkinan ada peradangan yang lebih luas lagi dan kemungkinan ada badai sitokin,” paparnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini