Kata Dokter Richard Lee Usai Jadi Tersangka Kasus Akses Ilegal ke Akun Instagram

Andaru Danurdana, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 02:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 33 2456934 kata-dokter-richard-lee-usai-jadi-tersangka-kasus-akses-ilegal-ke-akun-instagram-fDzZRqgbfi.jpg Richard Lee (Foto: IG Richard Lee)

JAKARTA Dokter Richard Lee menjadi sorotan setelah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus akses ilegal ke Instagram dan menghapus barang bukti. Mengetahui hal ini, Richard pun berbincang dengan kuasa hukumnya, Razman Arif Nasution, melalui video YouTube yang diunggah ke kanal pribadinya, dr. Richard Lee, MARS.

Richard membuka pembicaraan bersama Razman dengan mengungkapkan dirinya adalah warga negara biasa yang tak terlalu paham hukum. Ia pun menanyakan kepada Razman mengenai penahanan akun Instagram yang dilakukan pihak penyidik.

Baca Juga:

Dokter Richard Lee Ditangkap, Petisi Dukungan untuk Tembus 86.000

Dokter Richard Lee Tersangka, Kartika Putri Tuai Hujatan Netizen

Richard Lee

“Instagram saya disita dan saya tidak bisa akses lagi ke Instagram saya ... password-nya sudah diganti oleh pihak kepolisian,” ujar Richard dikutip dari videonya. Semenjak dirinya dilaporkan oleh Kartika Putri dua bulan lalu, Richard mengaku bahwa Ia sudah kehilangan akses Instagram-nya dan sejak saat itu Ia tak lagi bisa membukanya.

Ia berkata bahwa sang asisten pribadi sempat mengunggah di Facebook yang terhubung dengan Business Suite, aplikasi yang sering digunakan para pebisnis berbasis media sosial milik Mark Zuckerberg itu; “ternyata asisten pribadi saya 6 Agustus nge-post di Facebook, nggak sengaja pake Business Suite ... ternyata otomatis masuk Instagram.”

“Itu asisten saya juga terkejut waktu itu, dia nggak sadar ... jadi kita ini nggak pernah punya tujuan untuk post di Instagram; inilah yang disangka saya akses ilegal,” tambahnya.

Sang kuasa hukum pun mengatakan bahwa Ia sendiri masih mempertanyakan soal keputusan akses ilegal itu, “apakah akun Instagram yang sudah disita kemudian post sesuatu di Facebook dan nongol secara otomatis di Instagram, apa itu termasuk pelanggaran? Saya juga melihat ini adalah kasus baru,” terang Razman.

Namun, meski situasi sangat rumit, Razman optimis Ia bisa menyelesaikan kasus ini dengan baik; “tentu saya percaya hakim akan membuat keputusan baru sehingga Pak Dokter mendapat kepastian hukum. Saya sebagai kuasa hukum yakin Inysa Allah Pak Dokter bebas.”

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini