Jualan Merchandise Jadi Cara Musisi Bertahan di Tengah Pandemi

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 10 Agustus 2021 20:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 205 2453665 jualan-merchandise-jadi-cara-musisi-bertahan-di-tengah-pandemi-tcJosRftic.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

MUSIK dan merchendise selalu berkaitan dan tak bisa dipisahkan. Bahkan jualan merchendise bisa jadi cara musisi bertahan di tengah pandemi.

Merchandise menjadi wujud perwakilan ekspresi, pesan, dan style sebuah band atau musisi yang dapat mempererat ikatan musisi dengan penggemarnya. Merchandise yang biasa diburu adalah kaus, topi, tas, dan lain-lain.

Lewat merchandise, seseorang jadi tahu nama-nama band atau musisi beken dari berbagai negara maupun Tanah Air.

Baca Juga: Buktikan Kualitas, Amanda Caesa Usung Genre Berbeda di Single Baru

Para penggemar pun mendukung perjalanan karier musisi atau band idolanya. Bahkan penjualan merchandise masih menjadi bagian yang cukup besar dari pendapatan seorang musisi.

 merchendise

Makanya, Anda selalu disarankan untuk mengenakan merchandise resmi dari vendor yang sudah mendapat lisensi dari band atau musisi itu sendiri.

Namun untuk mencari merchandise asli dari para musisi tentu tak sembarangan. Anda perlu mendatangi distro berlisensi agar mendapat barang-barang asli.

Diakui Siti Afifah Munandar dari Gorilla Coach, masyarakat Indonesia masih senang merchendise dari para musisi Indonesia maupun luar negeri. Dari mulai musik metal seperti heavy metal, black metal, death metal, rock, pop, bahkan Kpop.

"Kalau kami berusaha untuk menjaga keaslian produk dengan bekerja sama langsung dengan vendor-vendor terkemuka dari Amerika dan Eropa," katanya kepada wartawan.

Tak hanya orang biasa, kalangan selebriti ternama pun mencari merchendise itu. Sebut saja Soleh Solihun, Vicky Mono dan True Megabenz ‘Burgerkill’, Indra Gatot ‘Rosemary’, Badai eks ‘Kerispatih’, Arian ‘Seringai’, Anggi ‘Revenge The Fate’, Andyan Gorust ‘Hellcrust’, rapper Asep Balon, Editor in Chief Billboard Indonesia Adib Hidayat, penyanyi metal Phopi RA, model Madam Vlaminora.

"Mereka ini mencari merchendise dengan genre musik seperti rock, metal, rap, pop, dan masih banyak lagi," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini