Kata Ustadz Yusuf Mansyur Usai Dituding Pilih-pilih Pendonor

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 25 Juli 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 25 33 2445687 kata-ustadz-yusuf-mansyur-usai-dituding-pilih-pilih-pendonor-lXUaHpTCjd.jpg Ustadz Yusuf Mansur (Foto: IG Yusuf Mansur)

JAKARTA - Ustadz Yusuf Mansur sempat menuai pro-kontra terkait dirinya yang beberapa hari lalu membutuhkan pendonor darah. Sebagaimana diketahui, Ustadz berusia 44 tahun tersebut sempat dilarikan ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, usai hemoglobinnya dan eritrositnya dinyatakan rendah, serta membutuhkan transfusi darah.

Pihak rumah sakit dikabarkan sudah menyiapkan sedikitnya 10 orang pendonor untuk bintang yang ia kenal, hingga akhirnya menemukan beberapa orang yang dianggapnya paling baik, lantaran merupakan para penghafal Al-Quran, diantaranya Syeikh Belaid dari Maroko, Syeikh Kanash dari Damaskus, hingga Syeikh Salim Somla dari Yaman.

Baca Juga:

Ustadz Yusuf Mansur Diisukan Meninggal, Faktanya Sedang Asyik Makan Roti Canai

Jumat Berkah, Ustadz Maulana Ajak Umat Doakan Kesembuhan Ustadz Yusuf Mansur

Ustadz Yusuf Mansur


Lantaran hal itu, Ustadz Yusuf Mansyur akhirnya menuai pro kontra. Ia bahkan sempat dicap sombong lantaran dianggap pilih-pilih pendonor.

Melalui rekaman suara yang terima awak media, Ustadz Yusuf Mansur akhirnya buka suara. Ia bahkan menjelaskan alasan mengapa dirinya memilih pendonor yang mengenal dirinya.

"Saya tahu saya diledekin sama beberapa orang, dijulidin, tapi ini sains kok. Tanpa mengurangi rasa hormat saya yang mendonorkan darahnya itu sudah pasti orang baik dah. Kalau bukan orang baik mah nggak mungkin mendonorkan darahnya, kalau nggak bersih nggak mungkin," ujar Ustadz Yusuf Mansur.

"Saya pikir pastinya sih ya secara medis (darah yang didonorkan) sudah di-screening, sudah melewati berbagai syarat dan ketentuan secara medis. Tapi, yang saya pikir ini kan tentang memori dan rekam jejak gitu kan. Bahwa kalau bisa sih kita kalau (mau mencari donor) yang kita kenal, dari keluarga," sambungnya.

Suami dari Siti Maemunah ini juga menyebut bahwa dirinya sempat mendengar cerita dari Dahlan Iskan yang kini memiliki kebiasaan hidup baru usai menjalani pencakokan hati. Menengok hal tersebut, ia juga mengaku ingin mendapatkan pendonor yang baik, agar segala kebiasaan pemilih darah bisa tertular padanya.

"Ini mah emang kepengin Allah supaya darah saya nyampur sama darah-darahnya orang saleh. Darah-darah orang-orang yang hafal Al Quran, karakter, akhlak, ibadah, amal salehnya jauh daripada saya," paparnya.

"Allah tahu saya ini kurang segala-galanya banyak dosa, banyak maksiat, keburukan, kesalahan, jadi Allah mau nempel nih darah orang ke saya supaya saya jadi baik gitu," pungkasnya.

--

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini