Ungkap Alasan Keluar dari Noah, Uki: Penghasilan Halal Atau Haram?

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 25 Juli 2021 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 25 33 2445682 ungkap-alasan-keluar-dari-noah-uki-penghasilan-halal-atau-haram-iLgiRSMlSw.jpg Uki eks Noah (Foto: IG Uki Eks Noah)

JAKARTA - Mohammad Kautsar Hikmat alias Uki telah memutuskan untuk hengkang dari Noah. Pada Agustus 2019 lalu, suami dari Metha Yunatria ini memilih untuk fokus berdakwah, membantu sesama lewat program 'Rumah Makan Gratis Uki Kautsar', hingga menjalani bisnis fesyen muslim yang diberi nama Emka Clothing.

Sebelum akhirnya memutuskan untuk hengkang, pria berusia 39 tahun ini sempat mengalami pergolakan batin. Hingga akhirnya dirinya pada 2014-an ia menjalankan umroh dan memikirkan terkait halal atau haramnya rezeki yang didapatkannya saat itu dari bermusik.

Baca Juga:

Selamat, Uki eks NOAH Kembali Dikaruniai Anak Laki-Laki

Tinggalkan Musik, Uki eks NOAH Fokus Ibadah dan Kegiatan Sosial

Uki Eks Noah

"Pulang dari Umroh banyak berpikir sih. Yang pertama dipikirin bukan dari musik itu sendiri, tapi penghasilan saya halal nggak? Karena ngaruhnya ke apa yang dimakan istri dan anak halal atau haram, awalnya dari situ," ungkap Uki dalam akun Youtube Masjid Agung Al Azhar.

Tepatnya pada momen tahun baru di akhir 2018, Uki mengaku cukup mantap untuk hengkang dari Noah dan meninggalkan Ariel, Lukman, serta David. Hal tersebut dikarenakan dirinya melihat banyaknya kemaksiatan usai dirinya manggung di malam pergantian tahun.

"Intinya sudah nggak kuat manggung di malam tahun baru, karena sudah tahu sejarah kenapa tiup terompet dan sebagainya. Pokoknya pemandangan manggung terakhir itu pemandangan tahun baru saja. Dan di situ sudah kayak, wah kacau. Udah gitu, kemaksiatan naik di puncak tahun baru, dan kita disana untuk menghibur dulu," paparnya.

"Mukadimahnya kita sebelum maksiat, kita mukadimah dulu manggung. Setelah itu mereka pada mabuk segala macam. Takutnya jadi dosa jariyah," jelasnya.

Tak hanya itu, ia juga mengaku miris melihat orang-orang yang tergeletak usai perayaan malam tahun baru saat keluar dari hotel. "Beres tahun baru itu kita tidur di hotel, pagi-pagi kita keluar, sebelum orang-orang pada bangun. Saya keluar dari hotel di Ancol, lihat orang-orang tergeletak. Wah ini ngaco nih,".

"Jadi melihat hasil dari perbuatan kita semalam di panggung. Ini yang pada mabuk pada di lantai semua. Yang perempuan juga wah.. Enggak karuanlah itu. Itu kan susah dipertanggungjawabkan nanti di akhirat," tandasnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini