Terciduk Narkoba, 5 Artis Ini Lolos dari Hukuman Penjara

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 33 2425702 terciduk-narkoba-5-artis-ini-lolos-dari-hukuman-penjara-tUGQUA8Iu3.jpg Raffi Ahmad (Foto: Instagram/@raffinagita1717)

JAKARTA - Kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan selebriti seakan tak ada habisnya. Setiap tahunnya selalu saja ada arti-artis yang tertangkap tangan menggunakan sekaligus menyimpan barang haram tersebut.

Akan tetapi, usai diamankan pihak kepolisian, ada beberapa artis yang lolos dari hukuman penjara. Dengan alasan merupakan pemakai bukan pengedar, belum lama mengonsumsi narkoba, membeli obat keras tanpa resep, atau jumlah narkoba yang diamankan cenderung kecil, selebriti-selebriti ini langsung meminta untuk menjalani rehabilitasi.

Baca Juga:

Selain Anji, Ini Deretan Aktor dan Musisi yang Terciduk Konsumsi Ganja

Anji 9 Bulan Pakai Ganja Sebelum Ditangkap

Berikut, MNC Portal Indonesia merangkumnya dalam 5 artis yang lolos dari hukuman penjara dan menjalani rehabilitasi:

1. Raffi Ahmad

Artis multitalenta Raffi Ahmad sempat diamankan terkait kasus penyalahgunaan narkoba di kediamannya bersama 13 orang lain pada 2013 silam. Kala itu, suami dari Nagita Slavina ini kedapatan mengonsumsi methylone yang mengandung zat amphetamine.

Raffi Ahmad

Usai diamankan, Raffi langsung menjalani rehabilitasi di Unit Pelaksana Teknis Terapi dan Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Lido, Sukabumi, Jawa Barat, selama tiga bulan. Kala itu Raffi bisa menjalani rehab lantaran dirinya terhitung bukanlah pecandu atau pemakai lama.

2. Tora Sudiro

Aktor Tora Sudiro sempat ditangkap di kediamannya oleh Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan di kediamannya di kawasan Tangerang Selatan pada Agustus 2017 lalu. Ia resmi ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penyalahgunaan narkoba lantaran memiliki obat penenang dumolid sebanyak 30 butir, tanpa resep dokter.

Tora Sudiro

Berdasarkan hasil assessment Badan Narkotika Nasional (BNN), suami Mieke Amalia itu membutuhkan perawatan di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), Cibubur, Jakarta Timur, terkait ketergantungannya pada dumolid. Langkah tersebut diambil sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang psikotropika dan Pasal 37 ayat (1).

3. Dwi Sasono

Dwi Sasono divonis 6 bulan menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur, Jakarta Timur usai ditangkap di kediamannya pada Mei 2020 lantaran kasus penyalahgunaan narkoba jenis ganja. Dari penangkapan itu polisi menyita barang bukti berupa 16 gram ganja dari kediaman suami Widi B3 tersebut.

Selang beberapa hari setelah ditangkap, bintang Dua Garis Biru tersebut mengajukan assessment lewat kuasa hukumnya. Permohonan itu dikabulkan lantaran bapak tiga anak tersebut tidak terlibat dalam jaringan narkotika, meski sudah menggunakan barang haram tersebut sejak lulus SMA.

4. Nunung

Komedian Nunung dan suaminya, July Jan Sambiran divonis 1,5 tahun rehabilitasi usai kedapatan memiliki dan mengkonsumsi narkoba jenis sabu. Pasangan ini diketahui menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur, Jakarta Timur.

Nunung dan suami

Kendati masa rehabilitasinya belum selesai, Nunung sudah diperbolehkan keluar dan bekerja sebagai bentuk dari proses terapi. Kendati demikian, kegiatan Nunung harus selalu didampingi oleh petugas RSKO hingga masa rehabilitasinya berakhir.

5. Roy Kiyoshi

Paranormal Roy Kiyoshi dijatuhi vonis lima bulan, dikurangi masa penahanan untuk menjalani rehabilitasi di RSKO, Cibubur, Jakarta Timur. Sebelumnya, sahabat Robby Purba ini sempat ditangkap pada Mei 2020 lalu dengan barang bukti berupa 21 butir psikotropika.

Roy Kiyoshi

Pemilik nama asli Roy Kurniawan ini mengaku bahwa obat yang dikonsumsinya tersebut pada mulanya didapatkannya lewat resep dokter. Ia bahkan sempat mengaku bahwa dirinya sengaja mengkonsumsi barang tersebut lantaran mengalami kesulitan untuk tidur.

1
3
BERITA FOTO
+ 2

Lulus SMA, Dwi Sasono Sudah Pakai Ganja

BNNK Jakarta Selatan mengabulkan permohonan rehabilitasi Dwi Sasono.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini